10 Jenis Tepung Bebas Gluten

            Sering melihat kata gluten free pada kemasan? - Gluten adalah salah satu jenis protein yang biasanya terkandung dalam gandum hasil persilangan, gandum biasa, dan jelai. Makanan bebas gluten merupakan makanan yang tidak mengandung protein tersebut atau mengandung tetapi dalam jumlah sangat sedikit. Makanan bebas gluten ini ditujukan untuk penderita penyakit celiac. Sistem kekebalan tubuh penderita celiac menganggap gluten sebagai ancaman. Efeknya, lapisan dinding usus kecil akan membuat semacam pertahanan atau pelapis yang menghalangi tubuh untuk menyerap nutrisi. Akibatnya, berat badan menurun dan beberapa efek lainnya.

Sudah tahu apa saja jenis-jenis tepung bebas gluten? Yuk cari tahu.

  1. Tepung sorgum

Tepung sorgum memiliki tekstur yang ringan dan cenderung manis. Tepung ini digunakan sebagai campuran dengan tepung bebas gluten lain atau digunakan dalam resep yang hanya membutuhkan sedikit tepung. Tepung ini memiliki serat dan protein yang tinggi. Dilansir dari Healthline, tepung ini mengandung banyak zat besi dan antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh.

  1. Tepung almond

Tepung ini terbuat dari kacang almond utuh atau kacang almond yang kulitnya telah dihilangkan dan bebas gluten. Satu cangkir tepung almond membutuhkan sekitar 90 biji kacang almond. Tepung ini sering digunakan dalam makanan yang dipanggang dan dapat juga menjadi tepung roti untuk membalut makanan yang bebas gluten. Tepung almond mengandung vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh.

  1. Tepung umbi garut

Tepung ini berasal dari umbi garut (maranata arundinacea), disebut juga dengan tepung arrow root. Dapat digunakan sebagai campuran pembuatan puding, bubur, biskuit, kue basah, kue kering, dan hunkwe.

  1. Tepung kelapa

Tepung kelapa terbuat dari daging kelapa yang dikeringkan. Dalam satu sendok makan tepung kelapa mengandung 5 gr serat. Tepung kelapa mengandung lebih banyak serat dibandingkan tepung terigu. Serat ini dapat membantu merasa kenyang, cegah konstipasi, dan meningkatkan usus besar. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya, membuat tepung kelapa tidak meningkatkan gula darah secepat tepung dari gandum.

  1. Tepung beras

Tepung ini merupakan tepung yang terbuat dari beras yang telah digiling atau dihaluskan. Tepung beras berwarna putih dan memiliki tekstur yang lembut dan halus dibandingkan tepung ketan. Biasa digunakan pada kue atau permen, seperti putu ayu, kue apem, dan kue lapis.

  1. Tepung jagung

Tepung ini memiliki tekstur yang sangat halus. Diperoleh dengan cara menggiling biji jagung yang sudah bersih dan berkualitas baik sebanyak dua kali. Biasa digunakan sebagai pengental untuk cairan, kue kering, kue basah, roti, dan sejenisnya. Tepung jagung mengandung tinggi serat, vitamin B6, tiamin, mangan, magnesium, dan selenium.

  1. Tepung tapioka

Tepung yang terbuat dari umbi akar ketela pohon atau sering disebut singkong. Sifat tepung ini mirip dengan tepung sagu, sehingga keduanya dapat saling menggantikan. Biasa dijadikan bahan perekat dalam makanan atau pengental untuk sop dan saus.

  1. Tepung ketan

Tepung ketan putih berasal dari beras ketan putih yang telah digiling. Makanan yang dibuat dari tepung ketan akan lebih kenyal dibandingkan tepung beras, seperti klepon, lupis ketan, dan lemper.

  1. Tepung hunkwe

Terbuat dari sari pati kacang hijau yang diendapkan, kemudian dikeringkan melalui proses khusus. Berwarna putih, aromanya harum, dan teksturnya sedikit lebih kasar dari tepung terigu. Tepung ini menghasilkan adonan yang lentur dan kenyal. Biasa digunakan pada kue lapis, es cendol dawet, dan kue cente manis.

  1. Tepung ketan hitam

Seperti namanya, tepung ini terbuat dari beras ketan hitam. Tepung ketan hitam lebih bertekstur dibandingkan tepung ketan putih. Biasa digunakan pada bolu ketan hitam dan gemblong ketan hitam.

Nah, sekarang sudah tahu kan jenis-jenis tepung bebas gluten? Semoga artikel dari Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

Referensi:

IDN Times , Hellosehat , Alodokter

Share this Post

Share

Ketahui Konversi Ukuran

                Catat ini...