10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil yang Sering Disepelekan

Murah dan lezat - Kacang hijau merupakan jenis palawija yang dikenal di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Inilah mengapa kacang hijau dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil dan kandungan serta tumbuh kembang janin yang optimal. Harganya yang murah, dapat diolah beraneka makanan lezat dan kaya akan nutrisi menjadikan kacang hijau sebagai primadona. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh ibu hamil dengan mengonsumsi kacang hijau? Simak ulasan berikut:

  1. Membantu perkembangan otak bayi

Zat thiamin yang terkandung dalam kacang hijau, dikenal pula sebagai vitamin B1 memiliki peranan penting untuk ibu hamil yaitu untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Thiamin juga berguna untuk menjaga fungsi otot, sistem saraf, dan jantung pada ibu hamil, dapat membantu perkembangan otak bayi pula.

  1. Mencegah cacat lahir pada bayi

Kandungan asam folat sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Apabila Anda mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari saat program hamil dan selama kehamilan, dapat membantu mencegah bayi terlahir dengan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang.

  1. Mencegah bayi lahir dengan berat rendah dan prematur

Kacang hijau juga dapat sebagai sumber zat besi. Zat besi sangat penting bagi ibu hamil untuk pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin, terutama pada kehamilan trimester kedua dan ketiga. Zat besi yang dibutuhkan sekitar 25 mg per hari.

  1. Mempertahankan tulang yang kuat dan kesehatan ibu hamil

Kandungan vitamin K di dalamnya berperan untuk dalam pembekuan darah dan menyembuhkan luka. Vitamin ini juga berperan mempertahankan tulang yang kuat pada ibu dan janin dalam kandungan.

  1. Mencegah anemia

Anemia ini sangat berbahaya pada ibu hamil, dapat menyebabkan pendarahan saat persalinan nanti dan juga keguguran. Dengan mengonsumsi kacang hijau, dapat membantu proses pembentukan hemoglobin darah.

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kacang hijau juga kaya akan serat. Kandungan serat dalam kacang hijau dapat membantu dalam pencegahan dan pengobatan sembelit, harmorrhoids dan diverticulosis.

  1. Membuat bugar dan sehat selama masa kehamilan

Kandungan mangan dalam kacang hijau dapat membantu dalam melawan radikal bebas karena merupaka co-factor untuk antioksidan. Kandungan itulah yang membuat ibu hamil dapat bugar dan sehat selama masa kehamilan.

  1. Menjaga produksi sel dan cairan tubuh

Kalium dalam kacang hijau akan membantu tubuh untuk mempertahankan produksi sel dan menjaga cairan tubuh.

  1. Mengurangi morning sickness

Vitamin B dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan mengurangi mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil pada masa-masa awal kehamilan. Kandungan vitamin ini juga dapat mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jantung.

  1. Menjaga kesehatan

Kacang hijau kaya akan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dapat menjaga kesehatan tubuh ibu hamil agar tetap fit.

Itulah 10 manfaat kacang hijau bagi ibu hamil yang sering disepelekan. Sekarang, Anda sudah mengetahui bukan? Ternyata meskipun kacang hijau tergolong murah, tetapi memiliki banyak manfaat. Semoga artikel dari Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

 

Referensi:

MotherAndBaby , TheAsianParent , AloDokter

 

Share this Post

Share