6 Makanan yang Menjadi Warisan Dunia

            Ada yang dari Indonesia? – Makanan juga termasuk budaya yang menjadi turun-temurun dari nenek moyang. Berbagai jenis makanan yang tersebar di seluruh penjuru dunia, memiliki ciri khas tersendiri yang mencerminkan daerah tersebut. Selain lezat, bahkan makanan tersebut telah ada yang mendunia.

Nah, dari sekian banyak makanan di dunia, ada yang termasuk warisan dunia menurut UNESCO. Komisi khusus yang membahas dan menanganinya The Committee for the Safeguarding of Intangible Cultural Heritage. Tujuan utamanya tentu untuk melindungi dan melestarikan warisan budaya dari arus globalisasi. Apa saja? Simak ulasan berikut ini:

  1. Pizza

Siapa yang tidak tahu dengan makanan khas dari Italia ini? Pizza memiliki cita rasa yang gurih dan berbentuk lingkaran. Proses pembakaran dengan menggunakan oven atau tungku inilah yang membuat pizza menjadi gurih. Sejak tahun 2007, pizza telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

  1. Washoku

Washoku merupakan hidangan tradisional yang berasal dari Jepang. Hidangan ini telah masuk kedalam warisan budaya UNESCO sejak tahun 2013. Washoku pasti tidak se-hits sushi. Washoku biasa disajikan dengan sup. Faktanya, hidangan ini sudah ada sejak 15.000 tahun silam.

  1. Nsima

Hidangan ini sebagai pengganti nasi bagi warga negara Malawi di Afrika. Nsima terbuat dari jagung yang ditumbuk. Nsima juga telah menjadi warisan dunia UNESCO.

  1. Lumpia

Lumpia merupakan jajanan khas Semarang, Jawa Tengah, Indonesia yang sudah diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO. Meskipun berasal dari budaya Tiongkok, tetapi, rasa lumpia telah dimodifikasi sedemikian agar cocok dengan lidah orang Indonesia.

  1. Baguette

Roti ini berasal dari Perancis, memiliki ukuran yang panjang, besar, dan renyah. Sering dijadikan sebagai santapan sehari-hari oleh penduduk Perancis. Roti ini termasuk dalam warisan dunia UNESCO.

  1. Rendang

Makanan satu ini memang dicintai oleh banyak orang. Tidak hanya orang Indonesia saja, tetapi banyak orang luar negeri juga telah mengakui kelezatannya. Berasal dari Padang, Sumatera Barat, Indonesia, hidangan ini termasuk warisan dunia UNESCO. Rendang terbuat dari daging yang dimasak dengan santan hingga kuahnya kering. Inilah salah satu alasan bahwa rendang juga termasuk salah satu makanan terlezat di dunia.

Penetapan sebagai warisan dunia UNESCO ini ternyata tidak mudah dan membutuhkan waktu cukup lama. Melalui berbagai seleksi ketat. Nah, sekarang Anda sudah mengetahui beberapa makanan yang telah menjadi warisan dunia. Semoga bermanfaat.

 

Referensi:

Fimela , GNFI , Liputan6 , IDNTimes

Share this Post

Share