Inspirasi Olahan Kale

Bingung mau mengolah sayur kale menjadi apa? – Kale adalah sayuran hijau yang kaya gizi dan manfaat. Biasa disajikan sebagai pendamping hidangan utama. Rasanya unik, ada sensasi getir yang membuat semakin nikmat.

Dalam 100 gr kale mengandung:

Energi: 35 kal

Protein: 2,9 g

Karbohidrat: 4,4 g

Serat: 4,1 g

Lemak total: 1,5 g

Retinol (vitamin A): 241 mcg

Tiamin (vitamin B1): 0,113 mg

Vitamin C: 93,4 mg

Vitamin K: 390 mcg

Asam Folat: 62 mcg

Lutein + Zeaxanthin: 6.960 mcg

Fosfor: 55 mg

Kalium: 348 mg

Kalsium: 254 mg

Seng: 0,39 mg

                Dari berbagai macam kandungan gizi dalam kale, berikut beberapa manfaat mengonsumsi kale:

  1. Menjaga Kesehatan jantung
  2. Melindungi tulang
  3. Menjaga Kesehatan rambut dan kulit
  4. Melawan pertumbuhan sel kanker

Setelah mengetahui kandungan gizi dan manfaat kale, yuk simak beragam olahan kale berikut menjadi hidangan yang lezat.

  1. Kale grilled cheese

Grilled cheese merupakan olahan roti lapis yang dipanggang menggunakan isian berupa berbagai jenis keju. Cocok dihidangkan untuk sarapan atau makan malam. Hidangan ini semakin lezat dengan tambahan gouda, parmesan, jagung manis, kale, dan cheddar.

  1. Kale and egg benedict

Egg benedict adalah menu sarapan yang popular di wilayah Inggris dan Amerika Serikat. Diolah menggunakan muffin Inggris, telur rebus, ham, saus Hollandaise. Bisa juga ditambahkan berbagai sayuran ke dalam egg benedict, seperti irisan kale, sayur bayam, dsb.

  1. Jus

Jus atau smoothie merupakan satu minuman yang mudah, cepat, dan sehat. Kale yang telah dicuci dapat dibuat jus atau smoothie. Kamu bisa menambahkan timun, apel, susu kedelai, oatmeal, madu atau bahan lain yang kamu suka ke dalam jus atau smoothie.

  1. Kale pizza

Hidangan asal Italia ini pasti disukai banyak orang dari berbagai kalangan. Penggunaan toping yang melimpah, tentu akan semakin menggugah selera. Beberapa diantaranya menggunakan saus dasar, daging, irisan pepperoni, parutan keju, jagung, dsb. Kreasi toping pizza yang beragam dari mulai manis dan asin pun tak pernah kehabisan ide. Nah, kamu bisa menambahkan kale di atasnya.

  1. Creamy kale dip

Kale dapat diolah sebagai salah satu bahan pembuatan saus. Bahan baku kale dip diantaranya yaitu parmesan, krim keju, bawang-bawangan, mayonais, hingga susu. Tekstur sausnya cenderung creamy dan cocok untuk kamu penggemar cocolan yang gurih.

  1. Kale mac and cheese

Mac and cheese menjadi favorit untuk santapan praktis yang mengenyangkan, memiliki tekstur kenyal dan gurih. Seperti Namanya, hidangan ini menggunakan bahan macaroni dan keju. Saat ini, semakin banyak kreasi olahan mac and cheese bermunculan. Kamu bisa menambahkan kale ke dalam adonan.

  1. Salad

Kale salad memang sudah familiar. Namun, tak ada salahnya memasak ini. Tambahkan berbagai macam sayuran dengan dressing yang lezat.

  1. Kale saute

Tumis kale juga patut dicoba! Olahan tumisan sayur memang menjadi salah satu hidangan yang praktis dan lezat. Terutama untuk para pekerja kantoran yang mempunyai waktu sedikit untuk memasak, kale saute bisa jadi pilihan yang tepat.

                Itulah serba serbi kale yang telah dirangkum oleh Indonesian Chef Association. Dari mulai kandungan gizi, manfaat, hingga inspirasi memasak kale. Semoga bermanfaat.

Referensi:

IDNTimes, HelloSehat

Share this Post

Share