8 Tips Menyimpan Roti Agar Awet

                Siapa yang sering menyimpan roti di dalam kulkas? – Sebagian dari kamu mungkin berpikir bahwa dengan menyimpan roti dalam kulkas akan bertahan lebih lama. Namun, apakah benar demikian?

                Roti merupakan bahan makanan yang usia kesegarannya cukup pendek, biasanya 2-3 hari sudah berjamur. Apalagi jika dengan cara penyimpanan yang salah. Ucapkan selamat tinggal pada roti yang lembut, segar, nan menggiurkan.

                Cara menyimpan makanan yang satu ini memang sedikit berbeda. Jika disimpan di kulkas, roti justru akan cepat basi. Basi dalam artian ini yaitu roti menjadi semakin cepat keras dan basi. Berbeda apabila disimpan di dalam freezer. Pembekuan akan menghambat proses rekristalisasi.

                Lalu, bagaimana cara menyimpan roti yang baik dan benar? Baca yuk.

  1. Beli roti dalam plastik bersegel

Belilah roti tawar yang masih di dalam kemasan. Biasanya masih dalam plastik bersegel. Selama roti dalam plastik kemasan dan tertutup rapat (belum dibuka), roti akan memiliki usia yang lebih panjang.

  1. Jangan buru-buru dibuka

Jika kamu belum ingin mengonsumsi roti yang masih di dalam kemasan, jangan segera dibuka. Kemasan ini berfungsi untuk membuat roti tetap lembut dan tahan lama. Roti akan terjaga kelembapan dan kesegarannya.

  1. Melipat plastik

Jika kamu sudah membuka plastik kemasan pada roti, maka cara terbaik penyimpanannya yaitu dengan melipat plastik dan membaliknya. Lipatan plastik berada pada bawah roti. Hal ini dilakukan untuk membuat aliran udara tidak masuk ke dalam kemasan. Pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam bungkus tersebut. Adanya udara akan membuat roti jadi cepat keras.

  1. Simpan dalam wadah tertutup

Kamu juga bisa menyimpan roti yang telah dibuka dari kemasannya ke dalam wadah tertutup dan rapat. Roti akan tetap lembut, karena tidak ada udara yang memengaruhi roti tersebut.

  1. Simpan dalam kotak roti

Tahu tidak ada kotak roti yang berbentuk persegi, lalu tutupnya bisa digeser ke atas? Biasanya wadah seperti ini mudah ditemui di hotel-hotel. Kotak roti ini bisa digunakan untuk menyimpan roti supaya tetap empuk. Bahkan, ada kotak roti yang memiliki pengaturan kadaluarsa, agar tidak lupa kapan tanggal kadaluarsa roti itu.

  1. Perhatikan suhu

Jangan pernah meninggalkan sisa roti di suatu ruangan bersuhu sekitar 20 derajat celcius selama lebih dari dua hari. Jika tempat tinggal kamu termasuk lokasi yang memiliki kelembapan tinggi, sebaiknya segera simpan roti ke dalam freezer. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya jamur

  1. Simpan dalam freezer

Seperti yang telah disebutkan di awal, kamu bisa menyimpan roti di dalam freezer dengan dibungkus kertas atau plastik dan aluminium foil. Roti akan tahan sampai 4-7 hari ke depan jika disimpan dalam suhu 4-6 derajat celcius, bahkan satu bulan.  Suhu terbaik penyimpanan yaitu minus 16 hingga minus 18 derajat celcius. Jika ingin mengonsumsi roti setelah dari freezer, hangatkan dengan membiarkannya terlebih dahulu di suhu ruang atau panaskan di oven.

  1. Panaskan

Jika roti menjadi apek dan keras, panaskan dengan memasukkan ke dalam microwave yang sebelumnya sudah dialasi dengan paper towel. Taruh di microwave selama kurang lebih 10 detik, baru dipanggang dalam oven atau toaster. Dengan metode seperti ini, bagian dalam roti bisa menjadi lebih lunak dan bagian yang keras bisa dipotong dengan pisau lalu dibuang.

Itulah 8 tips menyimpan roti agar awet lebih lama. Semoga bermanfaat!

 

Referensi:

Bobo , Klikdokter , Okezone , Unsplash

Share this Post

Share