10 Culinary School Terbaik di Dunia, Tertarik?

Culinary School Terbaik di Dunia - Apa diantara kalian ada yang menyukai dunia seni kuliner dan hobi cooking atau baking? Jangan hanya menjadi chef di dapur rumah sendiri, cobalah tekuni dunia ini. Culinary arts umumnya dibagi menjadi dua kategori yaitu kuliner umum dan baking and pastry. Berikut adalah culinary arts school terbaik di dunia yang wajib kamu ketahui:

1. Le Cordon Bleu

Salah satu organisasi di dunia kuliner, perhotelan dan pendidikan pariwisata didirikan di Paris tahun 1895. Saat ini Le Cordon Bleu telah hadir di 28 negara dengan beberapa 57 sekolah internasional, serta memiliki lebih dari 22.000 mahasiswi. Sekolah ini menawarkan sistem belajar paling komplit dan komprehensif. Bahkan, seluruh praktikum diawasi dan seluruh materi disampaikan oleh para pendidik di bawah bimbingan World Class Chef. Waktu yang ditempuh untuk studi di Le Cordon Bleu yaitu selama 9 bulan dan ditambah 6 bulan untuk magang khusus di Australia.

2. Berjaya University Collage of Hospitality

Terletak di Kuala Lumpur, Malaysia. Di fakultas seni kuliner terdapat program diploma dan sarjana. Jadi, untuk kamu yang ingin menjadi seorang chef professional, sekolah ini dapat menjadi pertimbangan.

3. Philippine School of Culinary Arts

Sekolah kuliner di Filipina ini merupakan sekolah kuliner yang sudah terakreditasi oleh Otoritas Pengembangan Pendidikan dan Keterampilan Teknik (TESDA) dari Pemerintah Filipina. Jadi, kelegalitasan dan kualitas sekolah ini sudah tidak diragukan lagi. Philippine School of Culinary Arts menawarkan program Culinary Arts dan program Baking and Pastry Arts. Kamu yang bersekolah disini juga dapat kesempatan besar untuk magang di luar negeri.

4. William Angliss Institute

Kampus khusus jurusan tata boga, pariwisata dan hospitality. Terdapat pula tiga jurusan konsentrasi tata boga yaitu, Commercial Cookery, Patisserie and Baking. Terletak di dua wilayah Australia, Melbourne dan Sydney. Durasi pendidikan yang ditempuh selama 12 dan 18 bulan sesuai dengan kelasnya.

5. At-Sunrice Global Chef Academy

Akademi ini didirikan pada tahun 2001 di Singapura, mengkhususkan diri dalam bidang Food and Beverage (F&B). Seni kuliner yang ditawarkan yaitu Western Culinary Arts, Asian Culinary Arts, and Pastry and Bakery Arts. At-Sunrice Global Chef Academy telah bersertifikat EduTrust dan diakui oleh Singapore Workforce Development Agency (WDA) sebagai Natonal CET Institute (NCI) yang mengelola ijazah yang diakui secara nasional. Akademi ini juga bekerjasama dengan beberapa Universitas yaitu, Johnson and Wales University (US), University of Wales London (UK) dan Technologycal and Higher Education Institute of Hongkong.

6. NSIA – The Professional Hospitality Academy

Sekolah ini merupakan sekolah jurusan bidang hospitality terbesar di New Zealand. NSIA juga terkenal dengan jurusan tata boga yang banyak peminatnya. Durasi yang ditempuh untuk studi di sekolah ini yaitu 96 minggu termasuk 16 minggu waktu liburan.

7. SHATEC – The International Hotel and Tourism School

Jika kamu mencari sekolah tata boga terdekat dari Indonesia, mungkin sekolah ini dapat menjadi salah satu pilihan. SHATEC menawarkan beberapa jurusan yaitu Hotel Management, Culinary Skills dan Pastry and Baking. Terdapat dua semester yang harus ditempuh selama studi. Semester pertama belajar mengenai dasar teknik memasak disertai pula dengan banyak praktikum. Semester kedua mempelajari teknik mengolah makanan yang lebih detail dan rumit, termasuk belajar Food Science and Nutrition.

8. Institute Kuliner (Culinary) Prancis

Para siswa akan mempelajari bagaimana cara membuat dan mengombinasikan makanan-makanan khas Prancis dengan masakan internasional lain. Kelas akan dibagi menjadi beberapa program, enam atau 9 bulan program pelatihan intensif. Setiap kelas diisi oleh sedikit siswa yang membuat proses pembelajaran lebih intim dan personal, serta dapat berkesempatan menjadi chef di New York.

9. Institute Kuliner (Culinary) Amerika

Biasa disingkat CIA (Culinary Institute of America) adalah sekolah non profit di Hyde Park, New York yang didirikan pada tahun 1946. Menawarkan lulusannya untuk menjadi pakar kuliner, maupun chef yang dapat bekerja di bidang pariwisata, dan industri lain. Setiap lulusan diberi gelar sarjana muda dan dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Sekolah ini terbilang cukup mahal, tetapi untuk kamu yang ingin belajar dapat memperoleh beasiswa.

10. Akademi Chef Afrika Selatan

Akademi ini dipimpin oleh Garth Stroebel dan Paul Hartman yang dibuka pada tahun 2004. Jarang sekali menggunakan metode pembelajaran dan pemanduan yang dilakukan di sekolah ini, memandu dan membimbing dengan cara personal. Waktu studi yaitu enam jam praktik setiap hari dalam satu tahun, tetapi ada juga kursus singkat (short course).

Nah, itulah 10 sekolah kuliner terbaik di dunia. Lantas, pilihan mu jatuh kepada sekolah mana? Pertimbangkan secara matang ya.

 

Referensi:

Republika , Kumparan , Vistaeducation

Share this Post

Share