Tren Kuliner Sepanjang Tahun 2019

            Kilas balik yuk! – Selama tahun 2019 kemarin ada banyak kuliner hits yang bermunculan di Indonesia. Seiring dengan “the power of socmed”, segala hal yang diunggah di media sosial terutama yang estetik nan unik, pasti mendapat sorotan. Salah satunya, boba. Apa-apa serba boba. Pertumbuhannya melesat karena semakin seringnya orang mempamerkan kuliner ini di media sosial mereka. Apa saja kuliner yang tren di tahun lalu? Berikut ulasan selengkapnya:

  1. Boba

Dapat dibilang bahwa tahun 2019 merupakan tahunnya boba. Ada saja merek boba yang bermunculan di tiap bulan. Mulai dari yang lokal, hingga mancanegara. Bahkan, merek boba asal Taiwan membuka gerainya di Indonesia. Orang-orang rela antre berjam-jam demi mencicipi kenyalnya bola tapioka berbalut brown sugar. Tak hanya itu, beberapa waktu lalu di kota Surabaya, terselenggara festival khusus boba.

Selain minuman, boba juga dikreasikan dalam bentuk makanan. Ada boba toast, boba cake, dan yang paling nyeleneh yaitu mi instan dengan topping boba yang merupakan salah satu menu cafe di Jakarta. Tren boba ini menimbulkan beberapa kontroversi, salah satunya dalam kesehatan. Tingginya kandungan gula pada “sebutir” boba.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Dibali Boba

  1. All You Can Eat (AYCE)

Makan sepuasnya, cuma bayar sekali. Makan daging sampai begah dengan harga terjangkau. Siapa yang tidak tergiur? Ada restoran yang menawarkan harga Rp 99 ribu saja. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk makan AYCE. Kebanyakan hidangan yang disajikan yaitu korean grill. Daging ditemani dengan berbagai macam sayuran; seperti selada, bawang putih, bawang bombay, kimchi, dsb.

Tentu pilihan AYCE diatas harga Rp 99 ribu berbeda, pilihan dagingnya lebih banyak. Ada harga ada kualitas. Ada yang dagingnya dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu khusus, opsi side dish, minuman yang beragam, dan pilihan daging wagyu yang banyak.

  1. Oreo cake

Banyaknya penggemar biskuit hitam berisi krim ini membuat banyak pihak berlomba-lomba menciptakan makanan yang berbeda. Salah satunya, oreo cake. Selain memiliki rasa yang enak, berbagai resep yang beredar pun dibuat semudah mungkin agar orang-orang bisa membuatnya sendiri di rumah.

  1. Sustainable food

Makanan dan kelestarian lingkungan memiliki keterikatan yang kuat. Entah disadari atau tidak, hidangan yang kita konsumsi sehari-hari meninggalkan jejak karbon. Peralatan makan dan minum yang berbahan plastik juga berdampak buruk bagi ekosistem laut. Isu food waste yang bisa menimbulkan gas metana, juga menjadi salah satu penyebab global warming.

Banyak chef dan para pelaku kuliner giat mempopulerkan isu ini. Beberapa restoran pun mulai beralih pada konsep eco-friendly, dan menerapkan konsep sustainable. Indonesian Chef Association bekerjasama dengan Gen Dapur Indonesia, beberapa chef member ICA mengikuti pelatihan kelas khusus untuk sustainable and healthy food. Anda bisa membaca materinya pada menu learning di website ICA.

  1. Healthy food

Masyarakat Indonesia mulai sadar akan healthy lifestyle. Makanan sehat pun semakin populer dan mudah ditemui. Banyak restoran menyediakan opsi pengganti nasi yang lebih rendah karbohidrat. Restoran khusus makanan sehat pun semakin menjamur. Makanan sehat tidak sebatas salad saja, banyak varian makanan sehat. Dipadaukan dengan biji-bijian sehat, atau disajikan sebagai pelengkap. Sekarang, makanan sehat sudah tidak membosankan lagi!

  1. Hotdog kentang

Hotang atau hotdong kentang (corn dog) mulai terkenal di laman Youtube. Keju mozarella dibalut dengan kentang dan berbagai jenis saus semakin menambah kelezatannya.

  1. Street food

Jajanan kaki lima juga tak mau ketinggalan. Kini, street food tak hanya di warung-warung saja. Ada beberapa restoran dan hotel yang menyediakan pula menu hidangan ini. Banyak street food yang viral dan masih dicari. Akses yang mudah dan gampang ditemui menjadi nilai utama street food ini.

  1. Ayam geprek

Ayam geprek termasuk makanan yang banyak dicari karena murah dan enak. Cara membuat kuliner ini yaitu ayam tepug yang dikombinasikan dengan sambal. Sambal inilah yang menjadi pembeda antara ayam geprek yang satu dengan yang lainnya.

  1. Pisang nugget

Masih ingat dengan tren ini? Pisang nugget adalah hasil perkembangan dari olahan makanan modern yang praktis tapi lezat. Salah satu anak presiden Joko Widodo pun mulai berbisnis kuliner ini dan telah memiliki beberapa gerai yang tersebar di berbagai kota. Kini, pisang nugget diberi berbagai topping, semakin menarik para pencinta kuliner.

  1. Dessert box

Dessert box termasuk salah satu jenis makanan yang terbuat dari bahan baku yang manis dan diletakkan dalam satu kotak transparan. Kotak transparan ini memperlihatkan lapisan-lapisan yang ada, semakin menggiurkan. Isiannya pun beragam, bisa berupa kue, krim, dan lelehan cokelat.

  1. Seafood set

Maraknya popularitas konten mukbang di Youtube, menjadikan seafood set salah satu kuliner yang paling dicari. Dalam satu wadah besar ada kerang, udang, kepiting, hingga jagung. Sangat menggugah selera, bukan?

  1. Kopi

Kopi menjadi minuman yang sangat populer sepanjang tahun 2019. Kedai kopi menjamur di berbagai kota. Kedai kopi dimana-mana. Kebanyakan menawarkan kopi susu, kopi biskuit, kopi gula merah, dsb. 

  1. Cheese tea

Minuman ini populer dan mudah ditemui. Sesuai namanya, minuman yang merupakan kombinasi dari keju dan teh.

Baca juga: 15 Minuman Kekinian 

  1. Rokupang (roti kukus panggang)

Roti kukus panggang ini mulai viral sejak tahun 2018. Namun, populeritasnya semakin naik pada tahun 2019. Pada umumnya, rokupang terbuat dari roti pandan yang dimasak dengan cara dikukus. Lalu, dibelah dan diisi dengan berbagai topping, baik manis atau asin. Misalnya, keju, cokelat, daging, dsb. Setelah dikukus, roti dipanggang hingga permukaannya berwarna kecoklatan.

  1. Pancake fluffy

Panekuk atau biasa disebut pancake berstektur halus, lembut, dan mengembang asal Jepang menjadi salah satu tren kuliner di tahun 2019 lalu. Bentuknya yag unik membuat banyak orang mengabadikan dan mengunggahnya di social media. Inilah membuat pancake fluffy semakin populer. Biasa disajikan bersama topping, seperti es krim, krim, dan aneka saus.

Dari 15 tren kuliner sepanjang tahun 2019. Mana yang menjadi favoritmu? Semoga bermanfaat.

Referensi:

CNNIndonesia , Fimela , IDNTimes , Kumparan , Merdeka

Share this Post

Share