15 Festival Kuliner di Dunia

Suka mengunjungi festival kuliner? - Festival memang menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan ketika bepergian ke suatu kota atau negara. Setiap negara di belahan dunia, memiliki festival khas yang menjadi identitas budaya. Budaya inilah yang akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke suatu festival. Festival sendiri juga terdiri dari festival musik dan festival kuliner. Berikut beberapa festival kuliner terkenal di beberapa negara:

  1. Salon de Chocolate, Ekuador

Banyak negara di dunia yang identik sebagai produsen cokelat terbaik. Tetapi, tidak akan ada yang menandingi keautentikan rasa kakao produksi Kota Quito, Ekuador. Kota ini dikenal sebagai produsen tanaman kakao dengan kualitas terbaik di dunia. Salon de chocolate diselenggarakan tiap bulan Juni, ada tasting session dan kelas memasak.

  1. O Grove Seafood, Galicia

Festival yang terkenal di Spanyol yaitu festival tomat dan anggur. Festival lain yang tak kalah terkenal yaitu festival makanan seafood. Akan ada perlombaan memasak, membuat patung dari kulit kerang, dsb.

  1. Wildfoods Festival, Selandia Baru

Ada beberapa bahan yang tak disangka di festival ini, seperti cacing tanah, belatung, telur burung camar, dan gorse wine. Untuk kamu yang suka kulineran makanan-makanan ekstrim, Wildfoods festival dapat dijadikan salah satu referensi.

  1. Annual Golden Spurtle, Skotlandia

Perlombaan yang diselenggarakan yaitu membuat bubur yang merupakan sarapan khas negara ini. Pemenang dalam perlombaan ini akan mendapatkan hadiah berupa pengaduk bubur yang terbuat dari kayu legendaris. Annual Golden Spurtle diselenggarakan sekitar akhir September atau awal Oktober.

  1. Watercress Festival, Inggris

Watercress merupakan perayaan dan penghargaan bumbu khas Inggris bernama watercress. Bumbu khas ini sering ditambahkan pada sup, salad, dan aneka saus. Festival ini diselenggarakan pada hari Minggu ketiga di bulan Mei di Hampshire, Inggris. Jika kamu mengunjungi watercress festival akan ada para petani dan celebrity chef yang turut meramaikan.

  1. The Onion Market, Bern Swiss

Tak hanya bawang yang disuguhkan dalam festival ini. The Onion Market merupakan pasar rakyat yang meriah, menjual beragam barang seperti mainan anak, keramik, hingga perhiasan kerajinan. Kamu juga dapat menemukan olahan makanan dengan bumbu bawang yang pastinya enak.

  1. Vegetarian Festival, Thailand

Kamu vegetarian? Nah, mungkin festival ini cocok untukmu. Vegetarian Festival diselenggarakan pada bulan September atau Oktober di Phuket, Thailand. Selain makanan olahan kedelai dan beragam protein nabati, kamu juga bisa menyaksikan ritual dan atraksi yang tak biasa yaitu ritual pengusiran setan. Tertarik kesana?

  1. Pizzafest, Naples

Surganya para pencinta pizza. Naples merupakan negara asal pizza, jadi sudah tak asing lagi jika ada festival pizza di negara ini. Diselenggarakan selama satu minggu pada bulan September di Alun-alun Naples. Ada ratusan ribu wisatawan yang hadir pada festival ini.

  1. Herring Festival, Skandinavia

Herring Festival merupakan pameran jajanan khas negara Skandinavia yang terkenal dengan olahan ikan dan acar. Ada banyak demo masak, teknik fillet ikan, sampai lomba memancing. Pencinta ikan wajib hadir ke festival ini!

  1. Dumpling Festival, Hongkong

Sesuai namanya, dumpling atau dimsum merupakan festival yang menyuguhkan beraneka macam jenis dimsum. Diselenggarakan pada bulan kelima kalender Tionghoa.

  1. Chestnut Festival, Perancis

Kota Ardeche, Perancis merupakan penghasil chestnut terbesar di Perancis. Festival ini diselenggarakan tiap masa panen. Chestnut sendiri merupakan bahan yang penting dalam hidangan khas Ardeche. Tak hanya digoreng atau dipanggang, bisa juga diolah jadi sup, roti, dan biskuit.

  1. Bluefood Festival, Bloody Bay Tobago

Ciri khas festival ini yaitu umbi yang dimasak akan berubah warna menjadi biru. Warga lokal beramai-ramai memasak olahan umbi ini. Diadakan pula lomba dan pameran serta diiringi dengan alunan musik tradisional khas Kepulauan Karibia, Bloody Bay, Tobago.

  1. Poutine Fest, Kanada

Poutine merupakan hidangan khas Kanada yaitu perpaduan kentang goreng dengan potongan keju dan saus. Hidangan ini sering dijadikan menu sebagai makanan berat. Pada festival ini, diselenggarakan pula perlombaan dan beragam pameran kuliner. Tak hanya menyuguhkan poutine, tetapi ada juga beragam olahan daging merah dan ayam.

  1. Chincilla Melon Festival, Australia

Festival ini diselenggarakan dua tahun sekali, selama empat hari di bulan Februari. Terdapat kegiatan menarik seperti balap kereta semangka, lomba makan semangka, hingga perang semangka. Diselenggarakan di kawasan Chincilla, Queendland.

  1. La Tomatina, Spanyol

Festival yang telah dikenal di seluruh dunia ini yaitu aksi para peserta dengan melemparkan ratusan ton tomat masak ke peserta lainnya, seperti ‘perang tomat’. La Tomatina diselenggarakan pada akhir Agustus dan diikuti oleh lebih dari 20 ribu peserta.

Banyak festival kuliner di dunia yang menarik bukan? Dari 15 festival kuliner yang telah disebutkan di atas, mana yang akan masuk di list liburan mu? Mulai siapkan budget dari sekarang.

 

Referensi:

Okezone

Share this Post

Share

Trik Menghafal Resep

            Sering kesusahan menghafal atau l...