Fungsi Dibalik "Alat Tempur" Chef

Tak banyak orang tahu – Beberapa tahun belakangan, profesi chef banyak diminati. Banyaknya acara memasak atau kompetisi masak menjadi faktor utama. Acara-acara tersebut turut menyumbangkan rating yang tinggi, sehingga profesi ini tidak dapat dipandang sebelah mata dan semakin diminati. Tuntutan untuk menghadapi sengatan panas kompor di kitchen dan alat-alat lainnya, mengharuskan chef mengenakan 'alat tempur' yang nyaman dan safety. Berikut Indonesian Chef Association telah merangkumnya:

  1. Topi tinggi atau hat cook

Topi chef didesain tinggi fungsinya agar dapat menyerap keringat yang ada di dahi supaya tidak terkena makanan atau mengganggu saat memasak. Selain itu, mencegah jatuhnya rambut ke makanan. Hat cook ini juga sebagai simbol pembeda tingkatan-tingkatan chef.

  1. Syal atau necktie

Biasa dikenakan di leher dan berfungsi sebagai penyerap keringat di leher agar tidak terkena makanan. Tetapi, saat ini sudah jarang dipakai karena, seragam sekarang sudah sepaket.

  1. Celemek atau apron

Berfungsi sebagai pelindung dari cipratan minyak, bumbu, dan lainnya. Dapat berfungsi sebagai lap untuk kotoran yang melekat pada piring atau tempat makanan yang tak sesuai. Selain itu, dapat sebagai ‘pemanis’ tampilan chef. Panjang apron biasanya selutut.

  1. Handuk kecil atau side towel

Digunakan untuk mengangkat hidangan yang panas hingga sebagai pembersih kotoran makanan.

  1. Celana chef atau trousers

Terbuat dari kain katun yang tebal, fungsinya dapat melindungi dari risiko tumpahan suatu hidangan terutama minyak panas dan sengatan alat masak yang panas seperti kompor. Celana chef ini didesain panjang dan memiliki warna yang sama dengan baju chef.

  1. Sepatu chef atau safety shoes

Seorang chef dapat mengenakan sepatu apapun. Namun, alangkah baiknya mengenakan sepatu yang memang sudah dirancang khusus untuk chef yaitu safety shoes chef. Sepatu chef ini terbuat dari bahan karet yang tebal, fungsinya sebagai landasan kaki agar tidak mudah terpeleset atau tergelincir.

  1. Seragam chef atau double breasted jacket

Seragam ini pasti sudah tidak asing lagi. Terbuat dari kain katun yang tebal sama seperti celana chef. Seragam ini berfungsi untuk melindungi chef dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tumpahan makanan yang panas dan sengatan alat masak yang panas. Desain seragam chef ini seperti jaket karena berlapis. Memiliki lengan yang panjang, berfungsi untuk melindungi. Desain kancingnya pun khas dan biasanya berwarna putih hingga merah.

Sekarang Anda sudah mengetahui fungsi dibalik "alat tempur" chef. Sebagian besar memang bertujuan untuk melindungi dari panasnya kitchen dan sengatan peralatan memasak.

Share this Post

Share