Yuk Kenali Kue Bandros

                Bandros, kue pancong, rangin, kalau di kotamu disebut apa? - Bandros merupakan salah satu jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, daun suji, dan santan. Biasa dihidangkan dengan taburan gula pasir di atasnya. Bentuknya mirip dengan kue pukis, berbentuk setengah lingkaran dan berjejer banyak, dengan tungku arang.

                Ada dua jenis bandros yaitu badros asin dan bandros manis. Keduanya dibedakan karena ada sebagian orang mengonsumsi bandros tanpa mengggunakan gula dan ada yang menggunakan gula. Kalian bisa menjumpai penjual bandros di penjual makanan keliling biasanya didorong atau dipanggul. Seiring perkembangan zaman, bandros sudah mulai mengalami modifikasi. Tidak hanya hadir dengan toping gula, tetapi ada rasa keju, cokelat, kacang, daging, kornet, susu, dll.

                Di Cirebon, kue bandros dikenal dengan nama kue gonjing. Di Jakarta disebut kue pancong, gandos di Jawa, kue rangin di Surabaya, tratak jaran di Bojonegoro, daluman di Bali. Seperti cilok yang merupakan akronim dari aci dicolok, basreng yaitu baso digoreng, combro dari kata oncom di jero (di dalam). Nah, bandros juga ada kepanjangannya, yaitu bahan rose brand (merek tepung beras) karena kue bandros terbuat dari tepung beras.

                Kue ini cocok dijadikan sebagai camilan dan biasa disajikan dengan teh manis atau kopi. Karena rasanya gurih dan nikmat. Jadi, apa kue bandros termasuk jajanan favoritmu?

                Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

Referensi:

BogorTribunNews, HarianTemanggung

Foto:

@syfahmii

Share this Post

Share