Benarkah Kopi Baik untuk Darah Rendah?

Konsumsi Kopi - Darah rendah atau hipotensi adalah keadaan dimana tensi seseorang 90/60 mmHg atau bahkan lebih rendah. Banyak orang yang menganggap remeh hal ini karena menganggap darah tinggi (hipertensi) lebih berbahaya dan mematikan. Padahal, tekanan darah sebaiknya dijaga agar selalu normal. Gejala yang dialami orang dengan tekanan darah rendah yaitu pusing, pandangan berkunang-kunang, lemas, kelelahan, mual, pingsan, keringat dingin, nafas tidak teratur, jantung berdebar cepat, dan dehidrasi.

Dilansir dari Boldsky, cara untuk mengatasi tekanan darah rendah yaitu dengan mengonsumsi kopi. Kopi mengandung kafein yang dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga membuat tekanan darah meningkat secara alami. Mengonsumsi kopi tanpa tambahan gula atau krim dapat membuat tekanan darah menjadi normal dalam waktu singkat. Namun, sebaiknya jangan berlebihan karena dapat menimbulkan keluhan jantung berdebar. Pembatasan konsumsi kafein sebesar 200 mg per hari.

Tidak hanya kafein dalam kopi, seperti yang kamu ketahui, teh pun juga mengandung kafein yang baik untuk orang dengan tekanan darah rendah. Tentunya tanpa perlu tambahan gula. Selain kopi dan teh, makanan lain yang dapat mengatasi tekanan darah rendah secara alami yaitu semangka, buah bit, dan bayam.

- Semangka memiliki kandungan air mencapai 92% yang dapat membantu tubuh dalam meningkatkan tekanan darah.

- Setiap 100 gr buah bit mengandung natrium sebesar 36 mg dan kalium sebesar 330 mg dapat membantu mengontrol tekanan darah.

- Dalam 100 gr porsi bayam mengandung natrium sebsar 4 mg, jumlahnya memang kecil jika dibandingkan dengan buah bit. Tetapi, bayam mengandung cukup air sekitar 92% yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih dan istirahat yang cukup. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat. Ayo hidup sehat!

Referensi:

DokterSehat , Halodoc , Alodokter , Helosehat

Share this Post

Share

Cara Baru Makan Nanas

            Ada-ada saja ya? – Beberapa...