Sayuran Rendah Karbohidrat yang Harus Kamu Konsumsi

            Apa kamu sedang mengurangi asupan karbohidrat? – Sayuran termasuk asupan penting yang harus dikonsumsi saat diet atau menjaga berat badan. Akan tetapi, ada beberapa sayuran justru mengandung karbohidrat yang tinggi. Nah, agar tidak mengganggu program diet, wajib mengetahui jenis-jenis sayuran yang renah karbohidrat berikut ini:

  1. Bayam

Bayam dapat mencegah kerusakan pada DNA, melindungi jantung,dan dapat menurunkan risiko penyakit pada mata seperti katarak dan degenerasi macular. Bayam kaya akan mineral, vitamin K, dan beberapa vitamin lainnya. Bayam yang telah diolah mengandung 3 gr karbohidrat, sedangkan bayam mentah mengandung 1 gr karbohidrat.

  1. Timun

Timun sebanyak 104 gr yang telah dipotong mengandung 4 gr karbohidrat dengan kurang dari 1 gr diantaranya mengandung fiber. Sayuran ini tidak kaya akan vitamin atau mineral, tetapi mengandung cucurbitacin E yang baik bagi tubuh. Timun dapat melindungi dari kanker dan meningkatkan fungsi otak.

  1. Brokoli

Sayuran ini termasuk kelompok sayuran cruciferous, seperti kale, lobak, kol, dan kubis. Menurut penelitian, brokoli mengandung lebih dari 100% AKG untuk vitamin C dan K yang dapat mengurangi resisten insulin dan dapat mencegah risiko terkena kanker. Brokoli mengandung 4 gr karbohidrat.

  1. Kembang kol

Kembang kol mentah sebanyak 100 gr mengandung 5 gr karbohidrat, 3 gr diantaranya mengandung fiber. Sayuran ini kaya akan vitamin K dan 77% AKG untuk vitamin C yang dapat mengurangi risiko serangan jantung dan kanker.

  1. Kubis

Sebanyak 89 gr kubis mentah mengandung 5 gr karbohidrat dan 3 gr diantaranya mengandung fiber. Kubis mengandung 54% AKG untuk vitamin C dan 85% AKG vitamin K. Kubis mengandung 2 gr karbohidrat yang dapat dicerna dalam mengonsumsinya.

  1. Terong

Terong rendah karbohidrat dan mengandung antioksidan nasunin, ini terdapat dalam pigmen ungu kulit. Sayuran ini mengandung 6 gr karbohidrat yang dapat dicerna saat dikonsumsi.

  1. Asparagus

Sebanyak 180 gr asparagus yang telah dimasak mengandung 8 gr karbohidrat dan 4 gr diantaranya mengandung fiber. Sayuran ini kaya akan vitamin A, C, dan K. Asparagus juga dapat mencegah kanker, melindungi otak, dan menurunkan rasa cemas. Asparagus mengandung 4 gr karbohidrat yang dapat dicerna pada saat dikonsumsi.

  1. Kacang hijau

Kacang hijau mengandung 7 gr karbohidrat dan dapat membantu mempertahankan berat badan, karena rendah kalori, tidak mengandung lemak dan kolesterol, dan rendah gula. Sayuran ini tinggi protein, sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

  1. Tomat

Tomat merupakan sumber vitamin A, C, K, dan kalium yang baik bagi tubuh. Tomat mampu mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

  1. Buncis

Sebanyak 125 gr buncis mengandung 10 gr karbohidrat, dan 4 gr diantaranya merupakan serat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buncis kaya klorofil yang mampu membantu melindungi tubuh dari kanker.

  1. Selada

Sayuran ini juga termasuk rendah karbohidrat. Setiap 47 gr selada mengandung 2 gr karbohidrat dan 1 gr diantaranya merupakan serat. Selada kaya akan vitamin A, C, dan K. Sayuran ini juga tinggi akan folat yang mampu membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Seledri

Siapa sangka seledri hanya mengandung 1 gr karbohidrat per tangkai. Seledri mengandung folat, kalium, dan vitamin C. Memiliki kandungan air yang cukup.

  1. Bok choy

Bok choy mengandung 1,5 karbohidrat per cangkir. Sayuran ini sangat lezat dan mudah diolah.

  1. Jamur

Jamur mempunyai lebih dari 3 gr karbohidrat. Jamur juga kaya akan vitamin B, selenium, potasium, serat, tembaga, dan protein.

  1. Lobak

Last but not least, lobak. Secangkir lobak mengandung 4 gr karbohidrat. Anda dapat menambahkan beberapa iris lobak pada salad untuk menjadikan hidangan yang Anda konsumsi semakin bervariasi.

Anda sudah mengetahui 15 sayuran yang rendah karbohidrat. Tentu ini tidak akan menjadi penghambat program diet atau gaya hidup sehat Anda.

Referensi:

HelloSehat , JawaPos , CNNIndonesia , IDNTimes

Share this Post

Share