Saus Tomat Awalnya Terbuat dari Jamur

            Bagaimana sejarah saus tomat? - Saus tomat sering disebut juga dengan ketchup. Kata ketchup berasal dari kata Hokkien Cina “ke-tsiap”, yaitu nama saus yang dibuat dari ikan fermentasi, sejenis saus ikan. Diduga orang Inggris berniat meniru saus tersebut pada akhir abad ke-17 dan 18, karena ada referensi resep bernama ‘ketchup in paste’ yang dipublikasikan Richard Bradley pada tahun 1732. Tetapi, versi saus tomat yang satu ini jauh dari saus tomat seperti sekarang, resepnya berisi jamur, kenari, tiram, dan ikan asin demi mereproduksi rasa amis dan gurih. Awalnya, ketchup memiliki tekstur yang sangat cair, biasanya ditambahkan ke dalam sup, saus, daging, dan ikan.

            Pada tahun 1742, Inggris berinovasi dengan resep saus tersebut dengan menambahkan bahan lain seperti jahe, lada, dan jenis bahan lainnya. Penggunaan bahan tomat baru dipakai pada tahun 1812. Resep saus tomat pertama kali ditulis oleh James Mease, seorang ilmuwan dan holtikurturalis. Ia menyebut tomat sebagai “apel cinta” dalam resepnya yang mengandung bahan tomat yang sudah ditumbuk, rempah-rempah, dan brandy.

            Masa penyimpanan ketchup cukup lama hingga setahun, namun masalah penyimpanan saus adalah hal yang sangat sulit pada saat itu. Sebagian orang menyimpannya dalam kondisi yang tidak baik, sehingga bakteri, spora, jamur dan ragi bisa masuk ke dalamnya. Hingga pada tahun 1866 ada seorang penulis buku masak Prancis menyebut ketchup dengan “kotor dan busuk”. Pada masa ini juga, ketchup mengandung bahan pengawet berbahaya sepeti tar batu bara yang ditambahkan untuk memberi warna merah.

            Salah satu dokter Amerika, Harvey Washington Wiley, mengungkapkan ketidaksukaannya pada penggunaan benzoat dalam saus tomat pada akhir abad ke-19 dan ia bersikeras bahwa pengawet tidak diperlukan selama bahan bakunya berkualitas tinggi.

            Apakah Anda ingin membuat saus tomat sendiri di rumah? Caranya mudah. Hanya butuh tomat dengan lemon atau air lemon sebagai bahan dasar. Kupas tomat dengan cara merendam tomat ke dalam air mendidih selama kurang lebih 1 menit. Lalu, hilangkan dalaman tomat dan tangkainya, hancurkan. Agar lebih mudah, gunakan blender lalu letakkan ke dalam panci stainless dan masak tomat kurang lebih 1 setengah jam. Kemudian, tuang air lemon. Ukuran air lemon ini tergatung pada seberapa besar botol kaca yang dipakai. Sekitar 2 sendok makan air lemon. Terakhir, letakkan semua botol kaca ke dalam panci lagi dan rebus selama 40 menit. Voila! Saus tomat sudah jadi.

Referensi:

IDNTimes , Brilio , Republika

 

 

Share this Post

Share