Stok Makanan Awetan Nabati dan Hewani

                Apa Anda #DiRumahAja sesuai dengan anjuran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah? – Di masa seperti sekarang ini, kita semua tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah atau berkumpul dengan banyak orang. Jika memang harus keluar rumah pun, tak lupa untuk menjaga jarak (physical distancing) dan memakai masker.

Agar tidak sering keluar rumah, sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya, apa saja makanan yang baik dikonsumsi dan awet disimpan di dalam kulkas? Selalu perhatikan gizi makanan yang dikonsumsi. Hal ini menjadi prioritas lantaran kekebalan tubuh menjadi prioritas utama di saat seperti ini. Kira-kira apa saja stok awetan makanan nabati dan hewani yang wajib ada selama masa quarantine?

  1. Kacang-kacangan

Pastikan untuk memasukkan kacang-kacangan ke dalam keranjang belanja. Tak hanya tahan lama, tetapi merupakan titik awal yang baik untuk makanan yang kaya nutrisi. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik untuk disimpan lama. Seperti, kacang polong, kacang tanah, chickpea, mete, pistachio, kacang merah, kacang buncis, lentil, dsb.

  1. Biji-bijian

Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga kaya nutrisi yang baik bagi tubuh dan bisa bertahan lama. Seperti gandum, pasta, quinoa, dan beras merah. Makanan ini mengandung serat yang tinggi. Memasaknya pun cukup mudah, bisa dicampur dengan protein dan sayuran.

  1. Ikan kalengan

Sumber protein kalengan atau vakum seperti tuna atau salmon sangat bergizi. Dapat meningkatkan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan jantung.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan yang mudah dicari. Kamu bisa mengolahnya menjadi sweet atau savory. Tergantung pada topping yang kamu tambahkan. Seperti, keju parut, buah-buah segar, yoghurt, tomat, telur, abon, dsb. Kamu juga bisa menambahkan oatmeal pada smoothie.

  1. Sereal

Sereal kering tinggi akan serat, protein, dan rendah lemak. Seperti granola.  Jangan lupa untuk memperhatikan kandungan gula pada sereal. Banyak sereal yang ada di pasaran, mengandung gula yang tinggi. Pilihlah sereal yang mengandung serat tinggi.

  1. Buah-buahan kering

Buah-buahan kering yang bebas gula. Seperti prem, aprikot, kismis, cranberry, buah ara merupakan sumber zat besi, serat dan antioksidan. Makanan ini dapat dikombinasikan dengan kacang-kacangan dan biji-bijian. Biji bunga matahari dan biji labu merupakan pilihan bergizi yang lezat dan dapat dicampur pada sereal atau oatmeal. Buah-buahan kering juga bisa sebagai opsi camilan sehat dan bergizi.

  1. Cokelat

Pastikan cokelat yang akan kamu beli mengandung rendah gula. Pilihlah dark chocolate yang mengandung cokelat lebih banyak dibandingkan susu dan gula.

  1. Buah kaleng

Buah seperti leci, mangga, apel, dan nanas dapat diawetkan dengan cara dikalengkan dalam wadah kedap udara. Dengan dimasukkan dalam wadah ini, tidak mudah terkontaminasi oleh kuman. Cairan yang berisi gula dan cuka juga mampu mencegah perkembangan bakteri dan aktivitas enzim di buah sehingga bisa tahan lama. Bisa diolah dengan menambahkan es batu atau dijadikan sebagai campuran es buah.

  1. Sayuran beku

Sayuran beku seperti wortel, kacang polong, dan jagung. Kamu bisa mengolahnya menjadi campuran mie, pendamping steak, atau hidangan lainnya.

  1. Daging dan ikan segar

Setelah membeli daging atau ikan segar, jangan lupa untuk membekukannya. Masukkan ke dalam freezer, biasanya akan bertahan hingga beberapa bulan.

  1. Dendeng

Dendeng merupakan daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur.

Dendeng terbuat dari daging sapi atau kambing. Dalam pembuatannya, dendeng harus dikeringkan dengan cepat, untuk memperlambat pertumbuhan bakteri. Caranya, daging dipotong tipis, atau ditekan sampai tipis.

  1. Ikan asin

Ikan asin merupakan bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan cara menambahkan banyak garam. Dengan cara ini, daging ikan yang biasanya membusuk dalam waktu cepat, dapat simpan di suhu kamar sampai waktu berbulan-bulan. Daging ikan yang diasinkan akan bertahan lebih lama dan terhindar dari kerusakan fisik akibat serangga, ulat, lalat, dan jasad renik perusak lainnya.

  1. Nugget

Nugget termasuk salah satu makanan hewani hasil olahan ayam yang memiliki cita rasa tertentu dan biasanya berwarna kuning keeamasan. Saat ini, nugget ayam menjadi salah satu produk yang paling dicari. Bahan baku nugget adalah potongan daging ayam, tepung, dan bumbu. Ada juga yang ditambahkan wortel atau keju.

  1. Sosis

Sosis adalah makanan awetan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan ternak, dan rempah, serta bahan lainnya. Pada umumnya sosis dibungkus menggunakan bahan sintesis, serta diawetkan dengan suatu cara, misalnya pengasapan.

  1. Kornet

Kornet terbuat dari campuran daging sapi. Bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Mulai dari campuran pasta, mie, hingga telur.

  1. Bakso

Mudah sekali menemukan bakso di Indonesia. Bakso merupakan jenis bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Ada juga bakso yang terbuat dari ayam, ikan, udang, bahkan daging kerbau. Biasa disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, lalu ditaburi bawang goreng dan seledri.

  1. Telur asin

Telur asin adalah istilah untuk makanan awetan berbahan telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan banyak garam guna menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan menggunakan telur bebek. Telur asin baik dikonsumsi dalam waktu 30 hari. Bisa dipadukan dengan berbagai hidangan, seperti nasi lengko, nasi jamblang, rawon, bahkan dapat pula dimakan tanpa nasi. Daerah di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil utama telur asin yaitu Brebes.

  1. Daging asap

Daging asap merupakan makanan yang diawetkan dengan cara menempatkan bahan makanan di wadah lalu diasapi. Ikan asap enak dikonsumsi dengan bumbu berkuah santan.

  1. Udang ebi

Berbahan dasar pokok udang yang dikeringkan. Untuk mengonsumsi udang ebi, perlu menggorengnya terlebih dahulu. Memiliki rasa sedikit asin, cocok sebagai campuran sayur lodeh atau sayur pedas.

  1. Terasi

Terasi termasuk makanan awetan hewani berbahan udang kering yang ditumbuk halus hingga berbentuk pasta. Terasi enak disajikan sambal, serta bisa juga dicampur bumbu beberapa kuliner nusantara.

Itu 20 stok makanan awetan hewani dan nabati yang wajib ada di rumah. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Detik , Liputan6 , Ruangbisnis 

Gambar:

Pexels , Unsplash

Share this Post

Share