Ternyata Chef Ada Tingkatannya Loh!

Bercita-cita ingin menjadi seorang chef professional? - Saat ini menjadi seorang chef menjadi impian kalangan millenial. Banyaknya acara tentang kuliner dan kompetisi memasak, membuat profesi ini tidak lagi dipandang sebelah mata. Kata chef sendiri berasal dari bahasa Perancis yaitu chef de cuisine yang artinya kitchen director atau seseorang yang menjadi kepala di dapur. Profesi chef tidak hanya dilakukan oleh satu orang. Tetapi, ada beberapa orang. Bahkan terdapat pula beberapa tingkatan, diantaranya yaitu:

  1. Executive chef

Jenjang karier ini berada pada tingkatan paling tinggi dalam karier chef. Memiliki tugas untuk bertanggungjawab mengenai semua urusan yang ada di kitchen.

  1. Sous Chef

Posisi ini memiliki istilah lain the second chef yatiu asisten langsung dari chef de cuisine. Bertanggungjawab terhadap resep-resep makanan dan minuman yang ada di dapur dan sebagai pengganti dari executive chef ketika berhalangan hadir.

  1. Expenditer

Posisi ini tidak selalu ada, bertugas sebagai penghubung antara para tamu di ruang makan dan juru masak.

  1. Chef de Pertie (CDP)

Sebagai supervisor, bertugas untuk mengawasi jalannya operasional dapur dan langsung turun tangan mengolah makanan. Disebut juga sebagai kepala bagian dapur, station chef atau line cook. CDP memimpin area sendiri di dapur seperti, sup, daging, atau bagian lainnya. Posisi ini bekerja di bawah supervisi dari Sous Chef atau Head Chef secara langsung untuk memastikan bagian yang dipegangnya berjalan sempurna.

  1. Commis Chef

Commis Chef atau asisten cook bertugas mempersiapkan dan mengolah bahan baku dasar di bawah perintah dan pengawasan CDP, Sous Chef, dan Head Chef. Posisi ini memiliki beberapa tingkatan yaitu Commis 3, Commis 2, dan Commis 1 yang paling tinggi.

  1. Cook helper/kitchen assistant

Orang-orang yang baru direkrut akan ditempatkan di posisi ini, kecuali jika yang bersangkutan sudah berkualifikasi. Tugasnya yaitu membantu menyediakan bahan-bahan makanan yang akan diolah serta mencuci peralatan masak dan membersihkan dapur.

 

Wah banyak juga tingkatan posisi seorang chef. Ternyata di balik makanan dengan plating yang indah merupakan hasil karya beberapa chef. Menjadi chef profesional tidaklah mudah, harus memulai dari paling bawah. Bahkan masing-masing tingkatan membutuhkan waktu kurang lebih dua tahun. Sebelum terjun menjadi chef, kamu harus menjalani pendidikan khusus atau mengikuti kursus masak.

Share this Post

Share