10 Culinary School Terbaik di Indonesia, Gak Perlu Ke Luar Negeri Kok!

Beberapa sekolah kuliner di Indonesia juga gak kalah kece - Adakah dari kalian yang ingin melanjutkan studi di dunia kuliner? Gak harus jauh-jauh ke luar negeri kok untuk belajar cooking atau baking. Indonesia juga punya sekolah kuliner yang tak kalah kece dan berkualitas. Setelah membahas mengenai Culinary School di dunia, sekarang bahas Culinary School yang ada di dalam negeri. Yuk simak:

  1. The Sages Institute

Terletak di Kota Pahlawan, Surabaya, sekolah ini memiliki jaringan pendidikan kuliner internasional di berbagai negara. Kurikulumnya mengutamakan teori, tetapi juga memilki sesi praktikum. The Sages Institute juga menawarkan mata kuliah Gastronomic Science, menyenangkan bukan? Tetapi, sekolah ini hanya menerima 44 murid per tahun. Jadi, jika kamu berniat, harus cepat daftar!

  1. Bali Culinary Pastry School

Dari namanya saja sudah dapat ditebak sekolah ini terletak dimana. Iya tepat sekali, di Bali. Dengan bersekolah kuliner di Bali, kamu dapat sekaligus menikmati indahnya Pulau Dewata. Bali Culinary Pastry School menawarkan program pendidikan berstandar internasional dengan harga yang affordable. Sekolahnya luas dan rindang, dijamin kamu akan betah belajar disini.

  1. Imperial Cooking School Tokyo

Sekolah ini terletak di Jakarta dan dibuka pada tahun 2007 oleh Chef Hideyoshi. Kamu bisa langsung datang mengikuti kursus yang tersedia setiap hari, tanpa perlu booking dulu! Tersedia pula program khusus bersertifikat untuk kamu yang ingin belajar ke jenjang profesional. Imperial Cooking School Tokyo hanya mengajarkan international dishes, tidak ada kuliner tradisional. Setiap sesi kursus mengambil waktu sekitar 2-3 jam saja.

  1. Bogasari Baking Center

Produsen tepung terigu yang sudah terkenal dan memiliki tempat khusus di hati masyarakat Indonesia ini tak mau kalah dengan membuka sekolah bakery di beberapa kota di Indonesia. Jika kamu mengikuti pendidikan disini, ada jasa konsultasi gratis seumur hidup. Hanya dengan membayar 300 ribu, kamu bisa belajar memanggang kue, roti, dan pastry lainnya.

  1. Ions Culinary College

Terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, sekolah ini menawarkan membuat berbagai macam hidangan sehat yang tetap lezat. Ions Culinary College juga menawarkan program yaitu mempersiapkan masakan bayi. Menarik bukan?

  1. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua

Sekolah ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, sesuai dengan namanya sebagai Kota Pendidikan karena adanya banyak sekolah di kota ini. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua mengutamakan metode memasak dengan menggunakan tangan secara langsung. Akan diajarkan caranya mengolah kuliner khas oriental dan continental. Lama waktu studi disini yaitu satu tahun, akan diajari pula trik-trik kewirausahaan.

  1. Surabaya Hotel School (SHS)

SHS didirikan pada tahun 1988 di Surabaya oleh Bagus Supomo selaku pendiri sekaligus direktur eksekutif. Menawarkan tiga program studi pada bidang kuliner yaitu Food Product, Pastry Bakery, dan F&B Service (bartending). Lama studi sekitar satu tahun dengan biaya 6-15 juta rupiah.

  1. Monas Pacific Culinary Academy

Sekolah kuliner tertua di Indonesia ini terletak di Surabaya. Memiliki kurikulum dan sistem pembelajaran seperti Johnson dan Wales University serta California Culinary Academy Amerika Serikat.

  1. Creative Culinaire The School Indonesia

Terletak di Jakarta. Kurikulum yang ditawarkan di sekolah ini diantaranya yaitu cake baking, recipes and techniques. Jika kamu tertarik, dapat bersekolah disini dengan biaya sekitar 3 juta rupiah untuk dua kali pertemuan.

  1. Ottimo International Master Gourmet Academy

Sekolah ini terletak di Surabaya dan didirikan pada awal tahun 2012. Menawarkan kurikulum yang terdiri atas 80% memasak dan 20% ilmu manajerial dalam kuliner. Ottimo juga tidak hanya fokus pada proses memasak, tetapi juga fokus pada standar international kitchen. Murid di sekolah ini diperkenalkan dengan dapur panas dan dingin, gudang bumbu dan rempah, bakery lab, serta oven dengan kualitas restoran internasional. Studi yang ditempuh kurang lebih 3 tahun dengan predikat setara D3.

Itulah 10 sekolah kuliner terbaik di Indonesia. Kira-kira sekolah kuliner mana yang menjadi rencana studi lanjutan?

Share this Post

Share