Kuliner Indonesia yang Vegetarian Friendly, Kamu Harus Tahu!

Sudah tahu? - Sedang menjalankan program diet vegetarian? Atau memang sudah lama jadi vegetarian? Mungkin sebagian orang masih beranggapan bahwa menjadi vegetarian hanya makan sayuran mentah atau salad saja. Ternyata itu salah besar! Bahkan beberapa kuliner khas Indonesia di bawah ini ramah untuk vegetarian (vegetarian friendly). Apa saja? Yuk simak ulasan berikut:

  1. Opor tahu tempe

Biasanya opor selalu menggunakan bahan dasar ayam, tapi untuk kamu yang vegetarian dapat menggantinya dengan tahu dan tempe. Tahu dan tempe mempunyai kandungan protein yang tinggi yang akan membuatmu kenyang lebih lama. Tentu hidangan ini cocok untuk penganut vegetarian sepertimu.

  1. Urap

Hidangan ini pasti sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia kan? Urap terdiri dari beberapa macam sayuran diantaranya kacang panjang, kol yang dikukus, dan tauge. Kemudian, dicampur dengan kelapa parut yang telah dibumbui. Enak dan bergizi! Untuk penganut vegetarian yang kadang bingung bagaimana caranya dalam seporsi hidangan terdapat beragam sayuran, nah urap bisa menjadi pillihan.

  1. Pepes tahu, tempe, dan jamur

Pada umumnya pepes berbahan dasar ikan. Namun, untuk penganut vegetarian bisa menggantinya dengan tahu, tempe, dan jamur. Cara pembuatannya pun tetap sama yaitu tahu, tempe, dan jamur dicampur dengan bumbu dan dibungkus dengan daun pisang, dikukus, kemudan dibakar.

  1. Gado-gado

Kata gado-gado sering diartikan campuran. Iya memang benar, karena di dalam hidangan ini terdapat bermacam-macam sayuran yang disiram saus kacang. Ada kentang, selada, tahu, tempe, timun, lontong, dsb. Disajikan dengan kerupuk dan emping mlinjo. Kandungan di hidangan ini pun lengkap terdiri dari serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Enak dan menyehatkan!

  1. Asinan

Asinan lebih tepat dibilang sebagai camilan segar dengan cita rasa asam. Bahan asinan yaitu kedondong, mangga muda, jambu, tauge, kol, dll. Bisa langsung dinikmati ataupun didinginkan di dalam kulkas terlebih dahulu.

  1. Plecing kangkung

Hidangan ini berbahan dasar kangkung yang telah direbus. Biasanya kangkung yang digunakan yaitu kangkung air yang berukuran lebih besar dan renyah. Dapat dijadikan sebagai pendamping nasi atau langsung dimakan.

  1. Pecel

Hidangan khas Jawa Timur ini hampir mirip dengan urap yang berisi sayuran dikukus atau direbus. Perbedaannya terletak pada sambal yang digunakan, kalau urap menggunakan sambal parutan kelapa, sedangkan pecel menggunakan sambal pecel yang terbuat dari kacang dan cabai. Disajikan dengan rempeyek kacang.  

  1. Bacem

Biasanya yang dibacem yaitu tempe dan tahu. Tempe dan tahu direndam di dalam rebusan air dengan bumbu daun salam, lengkuas, kecap manis, dan garam. Sampai bumbu tersebut meresap ke dalam. Lalu digoreng, bahkan beberapa restoran di hotel telah berinovasi yaitu tempe dan tahu bacem bakar. Menarik bukan?

  1. Lontong sayur

Sayur yang digunakan yaitu nangka muda atau orang Jawa menyebutnya tewel dan pepaya muda. Kedua bahan utama ini direbus dengan air santan dan ditambahkan cabai. Saat lebaran, lontong diganti dengan ketupat.

  1. Gudeg

Hidangan khas Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang selalu ngangenin! Gudeg terbuat dari nangka muda yang direbus dengan santan dan gula aren. Sehingga, terciptalah rasa manis nan gurih. Biasanya ditambahkan dengan tahu, krecek, dan tempe bacem.

Bagaimana dengan 10 rekomendari kuliner khas nusantara yang vegetarian friendly? Untuk kamu penganut vegetarian di Indonesia, beruntunglah makanan di atas mudah ditemui dimana saja. Jadi, gak perlu bingung atau susah makan lagi ya! Jangan merasa terkucilkan ketika sedang menjalankan diet vegetarian atau sudah memutuskan menjadi vegetarian.

Share this Post

Share

7 Tips Menyimpan Wortel

                Bagaimana...