10 Manfaat Gula Aren yang Jarang Terungkap

            Pasti diantara kalian jarang yang tahu – Gula aren dihasilkan melalui proses penyadapan air nira dari pohon aren (arenga pinnata merr) air nira yang disadap biasanya menggunakan bunga jantan dari pohon aren atau enau. Namun, kebanyakan menggunakan bunga jantan karena menghasilkan air nira lebih banyak dan kualitasnya lebih baik. Disadari atau tidak, gula aren kaya akan vitamin, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, vitamin B3 (niasin) mineral, vitamin C, dan asam amino essensial.

Gula aren tidak hanya bermanfaat sebagai pengganti gula pasir, tetapi ada beberapa manfaat lainnya yaitu:

  1. Baik untuk tenggorokan

Cuaca yang dingin dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit tenggorokan. Gula aren dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan. Caranya, campur gula aren dengan lada hitam dalam segelas air hangat dan minum saat malam hari.

  1. Mencegah kerusakan kulit

Kandungan antioksidan di dalam gula aren berfungsi untuk mencegah penyakit kanker serta baik untuk kesehatan kulit. Anti oksidan ini dapat mencegah kerusakan pada kulit.

  1. Napas bau segar

Ingin memiliki bau napas segar? Bau mulut dapat terjadi karena adanya bakteri yang terselip di dalam gigi dan gusi setelah makan. Nah, gula aren dapat mempertahankan napas segar dan memastikan kesegaran napas mulut Anda.

  1. Meningkatkan hemoglobin

Orang yang memiliki kadar hemoglobin rendang akan mengalami masalah seperti anemia, kulit pucat, pusing, dan kelelahan. Gula aren dapat membantu Anda untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan meregenerasi peredaran darah di dalam tubuh.

  1. Menjaga kadar kolesterol

Adanya kandungan niasin atau vitamin B3 yang cukup banyak di dalam gula aren mampu menjaga kadar kolesterol tetap normal. Sehingga, baik untuk kesehatan jantung.

  1. Baik untuk otak

Gula aren dipercaya mampu meningkatkan daya ingat dan melepaskan keletihan mental. Caranya cukup mudah, campur gula aren ke dalam segelas susu hangat dan minumlah sebelum tidur.

  1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat gula aren dapat mencegah penyakit kanker. Ini karena gula aren memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat menangkal berbagai radikal bebas.

  1. Membantu pencernaan

Gula aren memiliki sifat membantu pencernaan, sehingga akan segera memulai proses pencernaan. Gula aren mengandung serat makanan yang baik untuk sistem pencernaan. Jadi, agar terhindar dari gangguan pencernaan, konsumsi gula aren setelah makan.

  1. Menjaga stabilitas suhu tubuh

Gula aren dapat menghangatkan tubuh. Ini terjadi apabila gula aren dikonsumsi dengan jahe dalam bentuk wedang jahe. Manfaat gula merah ini dapat meredakan flu.

  1. Mengobati sariawan

Jika Anda sedang mengalami sariawan, konsumsi gula aren karena dapat mengobati sariawan pada gusi atau bibir Anda. Dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah dalam bentuk makanan lainnya.

      Sekarang Anda sudah mengetahui 10 manfaat gula aren yang jarang terungkap. Bahkan, tidak disadari oleh Anda. Tetapi ingat jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Referensi:

DokterSehat , Manfaat , HonestDocs , Grid , Kumparan

Dr Ir Hesty Heryani MSi. 2016. Keutamaan Gula Aren dan Strategi Pengembangan Produk. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Murdijati Garjito. 2013. Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Mustika Anggraeni. 2017. Satu bingkai kearifan lokal Purworejo : Batik Adipurwo. Yogyakarta: Diandra Kreatif

Share this Post

Share

Rakernas 2020

Salam sahabat kuliner nusantara. Rakernas ICA 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 7 Februari 202...

Cara Baru Makan Nanas

            Ada-ada saja ya? – Beberapa...