11 Istilah Kedaluwarsa

Sering dijumpai, tapi tidak tahu apa artinya?- Para konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, salah satu hal yang paling utama dilakukan yaitu mengecek tanggal kedaluwarsanya. Ini dilakukan untuk menghindari risiko keracunan makanan basi atau kedaluwarsa. Dengan mengetahui waktu kedaluwarsa suatu produk, konsumen dapat memastikan produk tersebut layak konsumsi atau tidak.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 180/MENKES/PER/IV/1985, definisi tanggal kedaluwarsa adalah batas akhir suatu makanan dijamin mutunya, sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen. Informasi batas waktu kedaluwarsa suatu produk biasanya tercantum pada kemasan produk. Menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), makanan dinyatakan mengalami kerusakan (setelah kedaluwarsa) jika terjadi perubahan dari sifat asalnya.

Yuk, mengenal istilah-istilah kedaluwarsa yang wajib kamu ketahui.

  1. Best if used by atau best if used before

Best if used by atau best if used before (baik dikonsumsi sebelum tanggal) yaitu mengacu pada kualitas, bukan keamanan. Tanggal yang tertera pada kemasan produk menunjukkan makanan akan mencapai rasa dan kualitas terbaiknya.

Produk yang telah melewati tanggal best before, tetapi tidak mengalami perubahan warna, tekstur, rasa maupun aroma sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi dan tidak berarti berbahaya. Akan tetapi, kualitasnya menurun. Namun, tanggal best before tidak lagi berlaku apabila produk kemasan sudah dibuka, karena membuka kemasan makanan akan memengaruhi kualitas dan kesegaran produk. Kontaminasi bakteri dari udara luar juga akan mempercepat masa penurunan kualitas produk.

Misalnya, susu cair akan memiliki rasa asam atau terdapat gumpalan jika melebihi masa kualitas terbaiknya dan krim asam akan tetap terasa asam, tetapi rasanya sudah tidak sesegar sebelum masa terbaiknya habis.

  1. Sell by date

Sell by date (dijual pada tanggal) biasanya menginformasikan tanggal yang telah ditetapkan produsen untuk memberi tahu pengecer kapan produk tersebut harus keluar dari rak. Tujuan label sell by yaitu memastikan bahwa konsumen memiliki produk dengan kualitas terbaik, mulai dari hitungan hari hingga minggu, tergantung pada itemnya.

Sebaiknya, kamu membeli makanan tersebut sebelum mendekati tanggal yang telah tertera. Makanan yang dipajang hingga mencapai tanggal akhir tetap bisa dikonsumsi untuk beberapa saat, tetapi kualitasnya menurun.

  1. Use by date

Use by date (konsumsi hingga tanggal) menunjukkan tanggal kedaluwarsa akhir suatu produk. Pada umumnya, tanggal ini telah diperhitungkan pihak produsen mulai dari pengolahan bahan hingga masa tahan suatu produk di pasaran. Keterangan ini menjadi keterangan tentang kapan suatu produk masih memiliki kualitas terbaik. Namun, kode ini tidak terkait keamanan konsumsi produk, kecuali bila digunakan pada produk susu formula bayi.

  1. Guaranteed fresh

Label ini biasa digunakan pada produk-produk roti. Roti masih bisa dikonsumsi setelah tanggal yang tertera pada kemasan, tetapi kualitasnya tidak seenak saat belum batas waktunya.

  1. Pack date

Label pack biasa dijumpai pada makanan kaleng. namun, untuk membaca tanggal kedaluwarsanya tidak mudah dan kadang dalam bentuk kode-kode tertentu. Bisa berupa bulan-hari-tahun-MMDDYY atau kode lain yang lebih rumit. Kamu bisa menanyakan kepada petugas jika tidak yakin dengan kode kedaluwarsanya.

  1. Pull Date

Pull date atau batas sebelum penarikan adalah tanggal terakhir yang dianjurkan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut. Sehingga, kamu masih punya jangka waktu untuk mengonsumsi tanpa mulai mengalami kerusakan.

  1. Use or Freeze by

Use or freeze by atau tanggal dibekukan merupakan saran produsen kapan konsumen membekukan produk kembali. Hal itu membuat kualitas produk menjadi optimal. Himbauan ini untuk konsumen yang tidak segera mengonsumsinya segera.

  1. Expired date

Arti label ini yaitu kode yang diberikan untuk memberi informasi mengenai batas waktu maksimal suatu produk aman untuk dikonsumsi. Kamu harus membuang suatu produk jika telah melewati tanggal yang tertera. Hal ini karena, tanggal yang tercantum menandakan masa akhir kamu dapat mengonsumsi produk tersebut.

Namun, banyak gaya penulisan kode yang berbeda pada kemasan. Misalnya EXP 101120 yang berarti kedaluwarsanya pada 10 November 2020 atau EXP. Date Mei2020.

  1. Shelf Life

Shelf life atau masa tahan termasuk tanda yang paling tidak umum dalam kemasan produk makanan atau minuman. Namun jika menemukan tanda semacam ini, tanda ini memiliki arti yang sama dengan best if use before dan use by date.

  1. Display Date

Label display date atau tanggal pemajangan menunjukkan tanggal pada saat produk mulai dipajang di rak-rak toko. Pengumuman ini biasanya ditujukan untuk toko maupun orang yang akan menjual kembali produk tersebut.

  1. Manufacturing Date

Manufacturing date atau tanggal pembuatan yang tertulis pada kemasan menandakan tanggal, bulan dan tahun produk dibuat. Contohnya, MFD 21052020 artinya produk tersebut terbuat pada tanggal 21 bulan Mei dan tahun 2020.

Bagaimana? Sudah bisa mengetahui istilah-istilah kedaluwara? Ternyata tidak hanya ada expired saja. Semoga artikel ini bermanfat.

Referensi:

Tirto, Bobo, Wowkeren

Food & Drug Association U.S. (2018). Food Tampering, An Extra Ounce of Caution.

Food Standards Agency UK (2018). Best before and use-by dates.

Miller, K. The Bump. Baby Food Expiration Dates: What You Need to Know.

Everyday Health (2017). Food Expiration Dates: Should You Eat That?

Lawrence, S. WebMD. Do Food Expiration Dates Really Matter?

Share this Post

Share