Kenali Macam-macam Superfood Lokal

Tahu tidak apa itu superfood? – Masyarakat Indonesia semakin melek akan kesehatan dan aware pada makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan sustainable and healthy food akan populer di tahun 2020 ini. Sebut saja, alpukat bertabur chia seed mampu menggantikan nasi goreng untuk sarapan, camilan berupa granola bars dan greek yogurt, dsb.

Superfood dianggap lebih baik untuk menjaga kesehatan dibandingkan makanan sehari-hari. Istilah superfood mengacu pada makanan (biasanya dari tumbuhan ada pula dari ikan dan susu) yang memiliki banyak nutrisi, vitamin, dan gizi. Dilansir dari American Heart Association, tidak ada syarat tertentu untuk menentukan apakah makanan tersebut termasuk superfood atau tidak.

Makanan yang disebut superfood memiliki beragam nutrisi seperti antioksidan berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, lemak baik untuk menjaga kesehatan hati, serta yang berguna untuk mencegah diabetes dan permasalahan pencernaan, serta phytochemicals – zat kimia pada tumbuhan yang mengeluarkan warna atau aroma dan memiliki banyak manfaat.

Pada umumnya, makanan yang tergolong tergolong lebih mahal, seperti blueberry, chia seed, kale, almond, dan quinoa. Padahal, Indonesia kaya akan superfood yang mudah didapat dan pastinya dengan harga terjangkau. Berikut superfood asli Indonesia:

  1. Ketan hitam

Biasa disajikan dengan bubur kacang hijau, ketan hitam kaya nutrisi dengan kandungan zat besi, protein, vitamin E, serat, dan mineral. Kandungan antosianin mampu memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sakit jantung, sembelit, anemia, dan mampu melawan kanker. Dapat diolah dengan cara dikukus tanpa ada tambahan santan, karena dapat mempertinggi indeks glisemik.

  1. Ubi ungu

Ubi ungu mengandung karbohidrat kompleks, vitamin B3, B6, C, asam folat, serat, magnesium, dan kalium. Manfaat lainnya yaitu mampu mengurangi hipertensi, mencegah kanker, dan mengurangi peradangan. Cara pengolahannya yaitu dikukus atau direbus demi mempertahankan serat dan nutrisi.

  1. Sukun

Ternyata, sukun kaya akan protein, kalsium, kalium, serat, zat besi, magnesium, seng, beta karoten, asam folat, vitamin B, C, dan E. Selain itu, dapat menurunkan gula darah dan tekanan darah, dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Sukun muda diolah menjadi sayur, sukun tua dapat diolah dengan cara dikukus atau digoreng.

  1. Manggis

Siapa sangka ternyata buah manggis memiliki kandungan luar biasa. Tak hanya buahnyam kulitnya juga bermanfaat. Mampu sebagai pengobatan kanker. Buahnya dipercaya dapat mengobati kardiovaskuler, peradangan, dan tumor.

  1. Selada air

Di Pulau Jawa, selada air dikenal dengan nama jembak dan dimasak bening atau dengan santan. Kaya akan kalsium, zat besi, fosfor, natrium, seng, kalium, vitamin B, dan vitamin C. Tinggi antioksidan mampu menurunkan tekanan darah, melindungi kesehatan jantung, tulang, dan mata.

  1. Salak

Salak kaya akan vitamin C, serat, kalsium, tanin, saponin, dan flavonoid. Kandungan buah salak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

  1. Daun kelor

Daun berujung tumpul ini mengandung protein, zat besi, riboflavin, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin A. Kaya antioksidan, mampu meredakan peradangan, memperkuat daya ingat, menurunkan kolesterol, baik untuk wanita menyusui, menopause, dan anak yang malnutrisi. Cara pengolahannya pun mudah, dimasak jadi sayur bening, seperti bayam. Sebaiknya, segera diolah maksimal 4 jam setelah dipetik.  

  1. Taoge

Last but not least, taoge. Taoge merupakan superfood asal Indonesia yang datang dari keluarga kacang-kacangan. Mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, asam pantotenat, dan protein. Taoge terikat oleh asam fitat untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi.

Mana superfood asal Indonesia yang menjadi favoritmu? Selain harganya terjangkau dan mudah dicari, ternyata kaya akan manfaat ya! Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Referensi:

Femina , Hinet , Kumparan

 

Referensi Foto:

Faktual , Pixabay , Unsplash , Unsplash , Unsplash 

Share this Post

Share