Jenis Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

          Apa jenis kopi favoritmu? – Indonesia terkenal kaya akan rempah-rempah. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menjadi penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik, serta sebagai negara dengan urutan ke empat dalam catatan negara yang memproduksi kopi untuk dunia. Jadi, kenikmatannya juga telah diakui dunia.

                Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa jenis kopi yang terkenal di dunia:

  1. Kopi Luwak

Kopi luwak merupakan kopi yang fenomenal di Indonesia, karena termasuk menjadi kopi termahal di dunia. Namun, harga mahal akan terbayar dengan rasanya yang khas dan sangat lembut. Harga kopi mahal adalah proses fermentasi yang unik yang langsung dilakukan dalam tubuh hewan luwak.

  1. Kopi Java

Java coffee atau kopi Jawa juga merupakan salah satu kopi asli Indonesia yang terkenal di dunia dan termasuk dalam jenis kopi Arabika. Kata “Java” menjadi sebuah kata slang dalam Bahasa Inggris untuk kopi. Dimulai dengan produksinya oleh pemerintah kolonial Belanda pada abad ke-17, Jawa sampai saat ini masih menjadi salah satu produsen kopi yang terbesar di dunia.

  1. Kopi Toraja

Kopi Indonesia lain yang mendunia yaitu kopi Toraja. Kopi yang sebagian besarnya berasal dari Toraja-Kalosi, Sulawesi Selatan. Ada dua jenis kopi terbaik di dunia dapat dihasilkan pada daerah ini yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta. Terkenal dengan rasa khasnya yang seperti rasa tanah dan hutan. Ini karena proses pembuatan kopinya setelah biji kopi dipetik. Kopi Toraja ini disukai masyarakat Jepang dan Amerika Serikat.

  1. Kopi Gayo

Kopi ini berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh dengan rata-rata ketinggian 1.200 hingga 1.700 mdpl, yang berkembang sejak tahun 1908. Kopi ini terkenal, karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan jika di-cupping atau di-tes rasa dan aroma di daerah Gayo hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia.

 

Kopi ini beberapa kali mendapat penghargaan sebagai kopi terbaik di dunia. Kopi dari daerah gayo juga merupakan salah satu kopi mahal di dunia ini terbukti pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan organisasi Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Portland, Oregon Convention Center, Amerika Serikat.

  1. Kopi Wamena

Kopi ini berasal dari Wamena, bisa disebut sebagai kopi organik yang memiliki kualitas terbaik. Ini karena daratan Papua yang masih sangat subur sehingga menghasilkan kopi yang sangat baik.

Aroma kopinya harum, bertekstur halus serta memiliki after taste yang cukup manis, berbeda dengan kopi lainnya. Bahkan, beberapa pencinta kopi menyebut kopi ini sejajar dengan kopi Jamaica Blue Mountain, kopi Arabika premium asal Jamaica. Sejak tahun 2000, produksi kopi Wamena diekspor ke dataran Amerika, Jepang, Singapura, dan Australia.

  1. Kopi Kintamani

Kopi ini berasal dari Kintamani, Bali juga merupakan kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional. Kopi Kintamani memiliki kualitas kopi yang sangat baik, karena ditanam di daerah yang sejuk dan dingin. Kopi ini bertekstur halus dan menciptakan rasa yang lembut di lidah dengan rasa keasaman khas. Hal tersebut dikarenakan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpangsari. Kopi Kintamani menjadi salah satu kopi yang populer di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab.

  1. Kopi Lanang

Kopi Lanang berasal dari bahasa Jawa, artinya laki-laki. Terciptanya kata kopi lanang yaitu karena biji pada kopi lanang ini berbentuk bulat tunggal serta tidak ada belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya. Kopi ini konon bisa menambah vitalitas para pria. Kopi ini banyak diproduksi di daerah Jawa Timur ini memiliki kadar kafein yang cukup tinggi, sehingga membuat penikmatnya tak akan merasa kantuk. Dikenal hingga daratan Amerika, karena bentuk biji yang bulat dan juga kadar kafeinnya yang tinggi tersebut.

  1. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang termasuk jenis kopi Arabika yang mendunia. Kopi Sidikalang ditanam di daerah Bukit Barisan di bawah udara sejuk dan tanah yang kaya mineral, sehingga tak heran jika menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik. Kopi ini termasuk kopi terbaik dunia dan menyandingkannya dengan kopi kualitas Brasil.

  1. Kopi Sumatera

Kopi ini sangat banyak jenis kopi dengan kualitas terbaik yang sebagian besar berasal dari Mandaling dan Gayo (kopi Gayo). Kopi ini ditanam di daerah Sumatera, bertekstur halus, terasa sedikit asam dan memiliki aroma tembakau dan tanah. Beberapa jenis kopi yang dihasilkan disini seperti kopi Mandailing dan kopi Lintong. Kopi jenis ini sering ada di gerai kopi 'hijau' terkenal, bahkan hingga hampir ke seluruh dunia. 

  1. Kopi Flores

Kopi Flores Bajawa merupakan salah satu jenis kopi yang telah dikenal oleh para pencinta kopi di seluruh dunia. Memiliki tekstur rasa yang fruity dan sedikit ada citarasa tembakau pada after taste-nya. Kopi ini dapat tumbuh subur, karena tumbuh pada dataran tinggi dan disokong oleh abu vulkanik dari gunung berapi yang menyuburkan tanah pada daerah teserbut.

  1. Kopi Temanggung

Kopi Robusta Temanggung memiliki aroma cukup unik, yaitu aroma tembakau dengan rasa pahit pekat dan mendominasi. Namun, itulah yang membuat kopi khas Temanggung, Jawa Tengah, sangat autentik dan digemari. Pasar ekspornya sudah mencapai negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

Referensi:

Brilio, IDNTimes, Merdeka

Share this Post

Share

Ketahui Konversi Ukuran

                Catat ini...