16 Camilan Khas Sumatera Barat

            Apa makanan khas dari Sumatera Barat yang pertama kali terlintas di pikiran Anda? – Kebanyakan dari kita pasti menyebutkan salah satu menu di masakan Padang, seperti rendang, paru, dendeng balado, dsb. Ternyata, makanan khas yang berasal dari Sumatera Barat itu banyak sekali variannya. Mulai dari yang lezat, manis, legit, gurih, bahkan pedas.

            Indonesian Chef Association telah merangkum beberapa camilan khas Sumatera Barat, diantaranya:

  1. Karupuk sanjai

Termasuk camilan khas Padang Bukittinggi. Karupuk ini bahan dasarnya dari singkong yang diolah sehingga memiliki berbagai macam rasa. Ada rasa asin, rasa original tanpa bumbu, dan rasa pedas. Camilan ini disebut juga keripik balado. Pasti ini sudah tidak asing lagi kan walaupun tidak sedang di Padang?

  1. Gulai tauco

Makan ini berasal dari Padang juga loh! Memiliki kuah berwarna hijau kecoklatan diperkuat dengan aroma yang menggoda, biasa dihidangkan dengan nasi putih hangat. Gulai tauco berbahan dasar udang, buncis, tahu, dan bahan lainnya yang dimasak dengan tauco dan diberi kuah santan.

  1. Lamang tapai

Appetizier khas Padang ini berasal dari daerah pesisir selatan. Tetapi, hampir di setiap daerah di Minangkabau menyajikan sajian kuliner ini. Bahan dasarnya yaitu beras ketan yang diolah sehingga menghasilkan rasa manis.

  1. Dadiah

Dadiah memiliki cita rasa gurih dan manis yang melebur jadi satu. Makanan ini merupakan hasil fermentasi dari susu kerbau yang ditaruh dalam wadah bambu. Dadiah disajikan dicampur dengan empir yaitu beras ketan yang disiram santan dan gula merah.

  1. Sala lauak

Menu ini dapat ditemukan di daerah Pariaman, biasa disajikan ketika sarapan bersama dengan ketupat gulai. Sala lauak dikenal juga dengan sala bulek artinya makanan berjenis gorengan yang terbuat dari ikan asin dicampur dengan tepung beras dan diberi bumbu bawang putih. Memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam.

  1. Galamai

Galamai merupakan makanan khas Padang, camilan ini mirip dengan dodol. Camilan yang terkenal ini berasal dari daerah Payakumbuh. Tekstur dan cita rasanya sangat mirip dengan dodol. Dapat ditemui juga di daerah Solok dan Pasaman dengan nama kalamai atau gelamai.

  1. Kacimuih

Merupakan camilan khas Padang yang mampu mengganjal perut. Berasal dari singkong yang dimasak dengan diparut, lalu dikukus. Singkong diberi taburan parutan kelapa dan diberi taburan gula pasir atau gula merah. Rasanya gurih dan nikmat. Camilan yang cocok dinikmati dengan secangkir kopi.

  1. Lompong sagu

Lompong sagu terbuat dari sagu yang dicampur dengan kelapa dan pisang, lalu dibungkus menggunakan daun pisang untuk dibakar di atas tungku. Teksturnya sangat khas. Memiliki citarasa yang gurih dan manis.

  1. Kue basung

Makanan khas Padang yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Kue basung termasuk kue tradisional. Terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, garam, air, dan ditambah dengan perasan kelapa atau santan. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan cara pembuatannya juga mudah.

  1. Karak kaliang

Karak kaliang merupakan camilan dari Bukittinggi. Terbuat dari tepung ubi yang berasal dari olahan singkong. Keunikan camilan ini yaitu adonannya dicetak mirip angka delapan. Pernah mencobanya?

  1. Arai pinang

Termasuk kue khas Bukittinggi yang rasanya gurih dan renyak dengan sedikit beraroma minyak kelapa. Arai pinang terbuat dari tepung berasm garam, dan kapur sirih.

  1. Kue sapik

Kue sapik mirip dengan semprong, berbentuk unik karena kue sapik dilipat sedangkan semprong digulung. Bahan dasarnya yaitu tepung beras, gula pasir, santan, telur, dan bubuk kayu manis. Pas untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Pinyaram

Camilan ini mirip dengan kue cucur khas Betawi. Ada dua jenis pinyaram, berwarna hitam dan putih. Rasanya dominan manis.

  1. Kue bika

Kue bika merupakan camilan khas Padang. Terbuat dari tepung beras dicampur dengan kelapa dan gula pasir atau gula merah, lalu dipanggang.

  1. Roti randang

Merupakan roti dengan bumbu rendang di dalamnya. Harganya murah, berkisar 5 ribu rupiah untuk yang berukuran keci. Sedangkan, yang berukuran besar dan masih berupa gulungan harganya 60 ribu rupiah.

  1. Tumbang pisang

Tumbang pisang merupakan camilan khas Padang. Berbahan dasar pisang gepok muda yang direbus lalu dikupas kulitnya dan dihaluskan dengan cara ditumbuk.

Nah, itu 16 camilan dan makanan khas Sumatera Barat. Semoga dapat menjadi pengetahuan baru biar lebih mengetahui kuliner khas Indonesia.

 

Referensi:

IDNTimes , Liputan6 , Traveloka , Hipwee

 

 

Share this Post

Share