8 Tips Membuat Kulit Pastel Renyah

Sering gagal membuat kulit pastel? – Pastel termasuk salah satu jenis gorengan yang disukai banyak orang. Salah satu kesulitan dalam membuat pastel yaitu membuat kulitnya. Sebagian orang yang membuat pastel sendiri, kulit pastelnya lebih mudah robek atau rusak.

Yuk simak tips berikut ini agar mendapatkan kulit pastel yang renyah dan tidak mudah rusak.

  1. Perhatikan takaran adonan

Selalu perhatikan takaran adonan. Takaran adonan ini menentukan kulit pastel yang terlalu tipis atau terlalu tebal. Campur adonan dengan air hangat. Air hangat mmebuat kulit pastel menjadi renyah dan berpori.

  1. Buat adonan secara bertahap

Untuk membuat adonan kulit pastel, perlu mencampurkan beberapa bahan diantaranya yaitu tepung terigu protein tinggi, garam, margarin. Kemudian, masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menggumpal.

Uleni sebentar dan perlahan hingga adonan rata. Sebaiknya, diuleni menggunakan tangan agar hasilnya lebih lembut dan elastis. Akan tetapi, jangan diuleni terlalu lama, karena membuat lemak dari margarinnya mencair. Bila hal itu terjadi, kulit pastel kurang renyah saat digoreng. Bahkan, setelah dingin, kulit pastel jadi lembek dan berminyak.

  1. Uleni secara perlahan

Hindari menguleni pastel terlalu keras seperti menguleni adonan roti. Jika terlalu keras, kulit pastel tidak renyah dan cenderung lembek.

  1. Pipihkan atau gilas hingga halus

Perhatikan cara memipihkan adonan pastel. Pastikan adonan kulit pastel dipipihkan hingga halus dengan menggunakan rolling pin. Jika belum halus, lipat kembali adonan dan gilas beberapa kali hingga halus.

  1. Bahan isian sebaiknya kering dan dingin

Pastikan bahan isian sudah kering dan dingin. Jika menggunakan isian yang masih basah, kulit pastel akan jadi lembek. Terutama menggunakan isian yang panas, uapnya bisa membuat adonan jadi basah.

Ketika menumis isian pastel, tambahkan air sedikit saja dan masak hingga air susut. Kemudian, dinginkan isian sebelum diisikan ke dalam pastel.

  1. Cara menggoreng

Ada dua cara dalam menggoreng pastel. Pertama, sirami pastel dengan minyak saat digoreng. Ini membuat kulit pastel mengembang dan tampilannya menarik. Jangan hanya membolak-balik pastel saja. Karena, kulit pastel tidak akan mengembang. Cara kedua, goreng dengan minyak yang banyak, hingga setengah matang. Kemudian, tiriskan dan simpan di dalam freezer. Goreng Kembali dengan minyak panas hingga matang dan renyah.

  1. Tiriskan minyak sisa penggorengan

Agar penirisan minyak dapat lebih maksimal, tirikan pastel dengan posisi berdiri. Sebaiknya, tiriskan pastel dua kali agar kulitnya tidak berminyak dan lembek. Gunakan tisu dapur jika diperlukan.

  1. Simpan sebagian pastel di kulkas

Jika membuat pastel dengan jumlah yang banyak, goreng setengah kering, kemudian simpan di lemari es atau freezer. Ketik akan disajikan, goreng kembali pastel hingga benar-benar kering. Cara ini membuat pastel dan kulitnya akan tetap renyah dan tidak mudah sobek. Bahkan, setelah dingin pun, kulit pastel tidak lembek.

Membuat kulit pastel termasuk salah satu tantangan dalam membuat pastel. Namun, jika sudah tahu tips dan triknya, kulit pastel tidak akan gagal. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat. Selamat mencoba.

 

Referensi:

IDNTimes, Kompas

Referensi foto:

Instagram 

Share this Post

Share

World Egg Day

                Ternyata...