5 Jenis Daging Termahal di Dunia

                Tahukah kamu kalau ayam cemani termasuk dalam daftar daging termahal di dunia? - Daging memiliki protein yang tinggi  yang baik bagi tubuh. Semakin bagus kualitas daging, maka semakin mahal juga harganya. Jika kamu merasa bosan menyantap daging yang itu-itu saja, tak ada salahnya untuk mengonsumsi daging kelas atas ini. Kelima daging ini tergolong mahal karena memiliki beberapa penilaian seperti harus disajikan dengan teliti hingga berasal dari hewan yang berbahaya atau karena daging terbatas.

Beberapa jenis daging yang paling mahal sedunia:

  1. Fugu

Fugu termasuk jenis ikan yang cukup beracun dan biasanya disajikan sebagai irisan sashimi yang segar di dunia. Sekitar ada 20-40 orang yang meninggal setelah menyantap ikan jenis ini karena mengandung konsentrasi neurotoxins yang cukup tinggi. Setiap daging ikan fugu berkisar antara $135 per 500 gr atau setara dengn harga Rp 1.890.000. Dibutuhkan keahlian khusus dalam mengolah fugu untuk bisa jadi sashimi yang enak, kalau tidak racun akan mencemari bagian yang dapat dikonsumsi.

  1. Jamon iberico

Daging ham yang berasal dari wilayah Spanyol dan Portugal ini termasuk dalam salah satu jenis daging yang paling mahal di dunia. Pada umumnya, jenis babi Iberian hitam dianggap eksklusif karena mengonsumsi makanan seperti gandum dan biji pohon ek atau dikenal juga sebagai acorn (biji pohon oak). Semakin banyak gandum yang dikonsumsi, rasa daging ham semakin enak. Potongan daging ham dihargai sekitar $140 (Rp 1.960.000) per 500 gr.

  1. Tuna otoro

Bagi para pencinta sushi, pasti sudah tidak asing lagi dengan tuna. Bahkan, sebagian orang rela membayar tinggi untuk mengonsumsi sushi mahal yang terdiri dari irisan daging ikan tuna otoro. Satu buah sushi dengan irisan tuna otoro dihargai sekitar $24 (Rp 336.000). Daging ikan tuna otoro memiliki tekstur yang lebih tebal dan rasanya lebih kuat, sehingga harganya masih akan terus naik.

  1. Kobe wagyu

Daging sapi wagyu dari Kobe telah terkenal kelezatannya. Termasuk ke dalam salah satu hidangan mewah yang paling digemari. Salah satu keunggulan dari daging sapi yang berasal dari wilayah Kobe, Jepang ini yaitu memiliki rasa yang lebih enak saat diolah menjadi steak dan memiliki kualitas yang tinggi. Harga daging kobe wagyu ini sekitar $300 (Rp 4.500.000) per 500 gr.

  1. Ayam cemani

Kita sebagai orang Indonesia patut bangga, karena ayam cemani termasuk sebagai daging yang paling mahal di dunia. Ayam ini berwarna hitam hingga ke bagian daging dan semua organnya. Populasinya yang sedikit dan langka membuat ayam ini dicari di seluruh dunia. Di Amerika, satu ekor ayam cemani bisa mencapai Rp. 35.000.000 dan harganya masih akan terus naik karena tingkat populasinya yang semakin sedikit.

Itulah 5 jenis daging yang termasuk dalam daging termahal di dunia. Tertarik untuk mencicipi? Siapkan budget khusus ya. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

Referensi:

CNNIndonesia, FoodDetik, IDNTimes

Foto: berbagai sumber

Share this Post

Share

Tren Produk Bakery

Dunia kuliner juga memiliki tren sendiri loh! – Dunia kuliner memang tidak pernah ada habisnya...