7 Tips Menjaga Buah Pisang Agar Tidak Cepat Busuk

                Termasuk pencinta pisang? Kesal jika buah pisang yang kamu beli cepat membusuk? – Pisang termasuk buah yang murah, kaya gizi dan manfaat bagi tubuh. Dalam 100 gr pisang terdapat sekitar 136 kalori. Gula yang terkandung didalamnya, terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Buah ini juga kaya akan vitamin B6, vitamin C, mangan, tembaga, kalium, biotin, serat, besi, magnesium, seng, dll.

                Kaya akan gizi dan nutrisi, kamu bisa mengonsumsinya setiap hari. Namun, seringkali pisang tidak bertahan lama sehingga harus segera dikonsumsi agar tidak cepat matang dan busuk. Berikut beberapa tips yang telah dirangkum dari beberapa sumber:

  1. Beli pisang setengah matang

Belilah pisang yang tidak terlalu matang, jika ingin menyimpannya dalam waktu lama. Bisa dilihat pada bagian tengah kulit pisang. Pisang yang setengah matang, berwarna kuning bersih dengan ujung yang masih hijau.

  1. Gantung pisang

Setelah membeli pisang, baiknya simpan dengan cara digantung. Menaruh di meja, membuat pisang lebih cepat matang karena terkena udara. Jadi, jangan lupa menggantung pisang, agar lebih tahan lama dan tidak mudah menghitam.

  1. Bungkus bonggol pisang

Caranya mudah, cukup siapkan plastik. Bisa plastik pembungkus (cling wrap) atau plastik es biasa. Bungkus bagian bonggol pisang dengan plastik tersebut dan pastikan plastiknya menutup rapat sempurna dan ketat, tidak ada udara yang masuk. Cara ini bisa membuat pisang tahan lama, karena plastik tersebut menutup keluarnya gas etilena. Gas yang biasanya keluar dari permukaan bonggol pisang dan membuat pisang cepat membusuk.

  1. Pastikan pisang mendapat sirkulasi udara

Jika kamu beranggapan dengan menaruh pisang di dalam plastik pembeliannya dengan alasan agar pisang tidak membusuk, itu salah. Justru keadaan tersebut membuat pisang cepat matang dan busuk.

  1. Jangan terkena sinar matahari langsung

Cara selanjutnya, kamu harus menyimpannya jauh dari sinar matahari langsung. Simpan di dalam ruangan pada suhu normal agar warna ulit buah ini tidak berubah.

  1. Jangan simpan dalam kulkas

Beberapa buah jika disimpan dalam kulkas akan selalu segar dan tahan lama, tidak berlaku pada pisang. Suhu dingin pada kulkas akan membuatnya lembek dan membusuk, simpan pada suhu ruangan normal.

  1. Jangan simpan pisang berdekatan dengan buah lain

      Gas etilen juga terdapat pada buah lain, seperti semangka, mangga, pir, dan nanas. Jadi, ketika membungkus tangkai pisang, tapi disimpan berdekatan dengan buah-buah tersebut, akan percuma. Pisang akan cepat matang dan busuk.

Dari tujuh tips di atas, pahami dan terapkan! Semoga bermanfaat.

Referensi:

Bobo , Brilio , Fimela , IDNTimes , Unsplash , ResepKoki

 

Share this Post

Share