Manfaat Ceker Ayam bagi Kesehatan

            Ayam memang terkenal mengandung protein yang tinggi. Tidak hanya bagian dagingnya saja yang dapat dikonsumsi, kulit dan ceker juga dapat dikonsumsi. Bagian ceker ayam biasa diolah menjadi ayam kecap, sup, dibumbu pedas, dsb. Sebagian orang menyukai olahan ceker ayam, sebagian yang lain merasa jijik. Lantas, adakah manfaat mengonsumsi ceker ayam bagi kesehatan?

  1. Mengandung kolagen tinggi

Ceker ayam mengandung kolagen yang tinggi. Kadar kolagen ini mirip dengan kolagen yang ada pada sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C. Kolagen bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, fungsi tubuh, memperkuat struktur pembuluh darah, melindungi lapisan saluran cerna, dan memperkuat struktur tulang.

  1. Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Ceker ayam mengandung mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor. Mineral ini penting dalam mendukung sirkulasi darah, meningkatkan kepadatan tulang, menjaga kesehatan saraf, jantung, dan pencernaan.

  1. Menjaga kesehatan gusi

Bila tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi tentu akan berdampak buruk pada gusi. Nah, ceker ayam mengandung nutrisi seperti, asam amino, kolagen, dan beberapa zat gelatin yang dapat meningkatkan kesehatan gusi.

  1. Mencegah kerapuhan tulang

Mengonsumsi ceker ayam secara teratur dapat mencegah kerapuhan tulang. Di dalamnya mengandung kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen yang dapat membantu menguatkan sendi dan mencegah kerapuhan tulang. Kandugan glukosamin dapat mendukung kekuatan sendi, dapat membantu terhindar dari penyakit radang sendi atau nyeri sendi. Kondroitin sulfat juga di dalam ceker ayam bermanfaat untuk menopang kesehatan sendi dan mendukung respon peradangan, kesehatan jantungm dan kesehatan kulit.

  1. Membantu proses penyembuhan

Kandungan protein dan kalsium dapat membantu meregenerasi otot, tulang, dan saraf. Nutrisi ini juga dapat membantu menyembuhkan luka.

  1. Menjaga sistem pencernaan

Ceker ayam mengandung kondroitin, glukosamin, protein, dan kolagen yang berguna untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Nutrisi-nutrisi ini membantu penyerapan makanan menjadi lebih baik.

  1. Menjaga hormon testosteron

Manfaat ceker ayam yang satu ini berguna bagi para pria, karena kandungan seng di dalamnya berguna untuk menjaga kadar hormon testosteron. Ceker ayam dipercaya dapat memenuhi 1/3 kebutuhan seng tubuh untuk setiap porsinya.

  1. Meredakan stres

Apakah Anda menyangka manfaat ceker ayam yang satu ini? Kandugan vitamin B5 atau asam pantotenat dipercaya mampu membuat seseorang menjadi lebih tenang.

Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi ceker ayam, dapat menjadikannya sebagai kaldu. Ceker ayam memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, hati-hati, ceker ayam mengandung lemak jenuh tinggi. Inilah sebabnya, ceker ayam memiliki rasa yang sangat lezat. Kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jantung, berisiko terkena penyakit jantung.

For your information, bahwa per 100 gr ceker ayam mengandung lemak jenuh sebesar 3,9 gr atau setara 20% kebutuhan lemak jenuh per hari orang dewasa pada umumnya. Selain itu, dalam 100 gr ceker ayam juga mengandung kolesterol sebanyak 84 mg atau setara 28% dari kebutuhan kolesterol per hari orang dewasa pada umumnya. Jadi, jangan terlalu sering dan terlalu banyak mengonsumsi ceker ayam, ya!

Referensi:

Grid , Doktersehat , Hellosehat , Halodoc

Share this Post

Share