Yuk Kenalan sama Roti Arepa!

            Diprediksi bakal jadi tren kuliner selanjutnya – Arepa berasal dari kata erepa, kata asli penduduk lokal Venezuela untuk jagung. Nama arepa atau arepas memang masih terdengar asing. Tapi, makanan ini diprediksi akan menjadi tren kuliner selanjutnya. Pasalnya, roti ini terkenal enak, murah, dan sehat. Menurut sejarah, resep arepa telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Arepa merupakan roti yang menjadi makanan pokok masyarakat di Venezuela dan Kolombia sejak berabad-abad lalu. Roti arepa memiliki tekstur yang garing di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Bahkan, hidangan ini sudah populer di Inggris dan negara Eropa lainnya.

Arepa terbuat dari tepung jagung giling yang sudah dimasak di dalam air dan dikeringkan. Lalu, racikan arepa diolah menjadi roti ala burger yang dipanggang, digoreng, direbus, atau dikukus. Arepa biasa dikombinasikan dengan daging, keju, sayuran, hingga kacang-kacangan. Ada juga yang menyajikan dengan isi paha ayam, acar bawang merah, dan mangga yang gurih. Ada pula yang berisi pisang raja, kacang hitam, jamur tiram, dan tahu yang renyah. Nah ini cocok untuk kamu yang vegetarian.

Salah satu alasan mengapa hidangan ini populer, karena bebas gluten (gluten free) dan cocok untuk para vegetarian dan vegan. Selain itu, hidangan ini juga memiliki harga yang terjangkau dan rasanya enak.

Banyaknya keunggulan inilah yang diprediksi akan membuat roti arepa menjadi tren di dunia. Mungkin sebentar lagi, akan banyak dijumpai di Indonesia. Tertarik membuatnya?

 

Referensi:

CNNIndonesia , Beritagar , Keepo , Joss

Share this Post

Share