Tren Makanan Pedas yang Masih Hype di Tahun 2020

                Hayo ngaku siapa yang doyan berburu kuliner pedas? – Tahun 2019 lalu, makanan pedas termasuk paling banyak dicari pencinta kuliner. Masyarakat Indonesia memang terkenal sebagai pencinta makanan pedas. Sebagian orang menganggap, jika makan makanan tidak pedas, rasanya kurang menggugah selera. Hingga tahun 2020 ini, ada beberapa makanan pedas yang masih hype. Apa saja? Cari tahu, yuk.

  1. Seblak

Seblak merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Memiliki cita rasa gurih dan pedas, terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein, seperti telur, ayam, boga bahari, atau olahan daging sapi, dan dimasak dengan bumbu tertentu.

Hadirnya seblak, mendapat sambutan positif di kalangan pencinta makanan pedas. Tak hanya pedas saja, rasa kencur yang kuat pada kuahnya menambah sensasi gurih. Seiring berjalannya waktu, seblak juga disajikan di restoran-restoran modern. Bahkan, semakin banyak varian seperti seblak otak-otak atau seblak keripik. Ada juga seblak pasta atau seblak lobster.

Baca juga: Tren Kuliner Sepanjang Tahun 2019

  1. Fire chicken

Ayam berlumur saus merah pedas atau fire chicken termasuk makanan favorit pencinta pedas. Rasa pedas ini bisa membakar lidah dan membuat keringat mengalir. Makanan ini juga memiliki level pedas berbeda-beda, dari sedang hingga level pedas yang membuat telinga berdenging. Untuk mengimbangi pedasnya, biasa disajikan dengan saus keju nan creamy.

  1. Ayam geprek

Ayam termasuk makanan yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Berbagai olahan ayam  sangat mudah diterima masyarakat Indonesia. Hidangan ini terdiri dari ayam goreng tepung yang digeprek atau ditumbuk kasar bersama sambal bawang. Perpaduan gurih, renyahnya ayam goreng, dan pedas membuat orang ketagihan. Saat ini, ayam geprek tak hanya disajikan bersama sambal bawang saja, ada varian lain seperti topping keju mozarella, taburan keju, sambal matah, dan macam sambal lainnya.

  1. Pentol pedas

Pentol termasuk jajanan yang mudah dijumpai di depan sekolah, harganya sangat terjangkau. Tampilannya polos dan hanya ditambahkan saus kacang, sambal, dan kecap. Setelah pentol matang, ada penjual yang memasak pentol kembali bersama racikan bumbu uleg sangat pedas. Proses inilah yang membuat pedasnya meresap hingga ke dalam pentol.

Baca juga: Manfaat Ceker Ayam bagi Kesehatan

  1. Ceker pedas

Ceker pedas atau ceker setan merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mampu mmebuat lidah terbakar. Hidangan ini biasa dibuat dengan puluhan bahkan ratusan cabai. Meskipun sangat pedas, hidangan ini tetap mmebuat pencinta kuliner pedas ketagihan. Sensasi lainnya yaitu bisa menyeruput tulang-belulang ceker ayam yang teksturnya rapuh.

Baca juga: 5 Kasus Paling Ekstrem Akibat Makan Pedas

  1. Bakso mercon

Mungkin bakso terdengar biasa saja bagi masyarakat Indonesia. Bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mudah ditemui dimana saja. Cocok dikonsumsi dikala musim hujan seperti saat ini. Perbedaan bakso biasa dengan bakso mercon terletak pada, bakso mercon ini berisi beberapa cabai yang super pedas. Bagi pencinta pedas tentu ini hal yang menyenangkan dan menggugah selera makan.

  1. Sate taichan

Makanan ini masih akan hits di tahun 2020 ini. Sate taichan tidak terlalu berbeda dengan sate pada umumnya. Perbedaannya terletak pada warnanya yang masih putih, karena sate ini dimasak  sekitar tiga hingga lima menit. Warnanya tetap putih dan tidak kehitaman. Disajikan dengan sambal yang berbeda, pedasnya mampu membuatmu berkeringat.

Referensi:

Fimela , Kumparan

Picture:

Selerasa , Youtube , Tribunnews , DetikFood , DetikFood , Brilicious , instagram

Share this Post

Share