Kenali Kuliner Khas Lombok

                Apa makanan khas Lombok favoritmu? – Selain terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Ada hal lain yang menarik perhatian dan patut kamu coba. Iya makanan. Makanan khas Lombok juga kaya akan rempah-rempah. Apa saja? Yuk simak.

  1. Ayam taliwang

Ayam taliwang memiliki citarasa yang pedas. Biasanya ayamnya digoreng atau dibakar. Ayam taliwang mempunyai banyak jenis yaitu ayam taliwang pedas manis, sambal lima, pelecingan, bakar kecap, bakar madu, goreng asam, dan goreng biasa. Biasa disajikan dengan plecing kangkung.

  1. Beberuk terong

Beberuk terong atau lalapan khas Lombok. Rasanya segar, terbuat dari terong bulat yang dicampur tomat, cabai, dan bumbu lainnya. Ditambah dengan perasan air jeruk limau, semakin segar dan menggugah selera! Teksturnya renyah dan rasa langu, tapi tidak getir atau sepat.

  1. Plecing kangkung

Plecing kangkung khas Lombok terkenal dengan taburan kacang atau kedelai goreng di atasnya. Terdapat terasi dalam campurannya.

  1. Ayam rarang

Ayam rarang menggunakan ayam kampung yang dimasak dan digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan. Dibalur dengan bumbu sambal yang berpadu dengan cabai rawit. Sehingga, makanan ini memiliki cita rasa yang pedas.

  1. Nasi balap puyung

Bisa disebut juga ini merupakan nasi campurnya orang Lombok. Nasi puyung merupakan kombinasi ayam goreng atau ayam suwir, kering kentang, kacang kedelai goreng, rebon kering, sayur, dan sambal.

  1. Sate bulayak

Sate bulayak adalah sate khas Lombok yang disajikan dengan lontong berbentuk lonjong. Biasa disajikan dengan sambal khas Suku Sasak. Sate bulayak terbuat dari daging ayam, jeroan, dan daging sapi sebagai bahan utama yang ditusuk hingga berbentuk sate.

Perbedaannya terletak pada bulayak. Bulayak merujuk pada lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Ukurannya lebih kecil dari lontong pada umumnya. Memiliki tekstur yang lembut dengan cita rasa yang gurih. Sate bulayak biasa disajikan dengan bumbu kacang taah yang disangrai, ditumbuk, lalu direbus dengan santan serta rempah lain, dan menciptakan rasa pedas.

  1. Sate tanjung

Sate tanjung terbuat dari ikan cakalang yang diberi rempah-rempah, kemudian dibakar.

  1. Sate rembiga

Terbuat dari daging sapi lembut dibumbui dengan berbagai rempah. Sate rembiga memiliki rasa gurih, pedas, dan manis. Daging yang dipilih untuk sate rembiga adalah daging sapi yang sebelum ditusuk dan dipanggang harus ditumbuk terlebih dahulu agar empuk. Setelah itu, direndam ke dalam bumbu-bumbu khusus selama dua jam, lalu dibakar. Biasa disantap dengan bulayak.

  1. Poteng jaje tujak

Dalam Bahasa Indonesia berarti tape jajan tumbuk. Poteng jaje tujak terbuat dari ketan yang diberi daun suji, pandan, dan gemblong. Makanan ini terbuat dari dua bahan utama yaitu tape dan ketan putih.

  1. Bebalung

Untuk kamu yang suka mengonsumsi tulang sapi. Ini kudapan yang patut kamu coba! Kuahnya segar karena terediri dari berbagai rempah seperti jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Jika dilihat sekilas, tampilannya mirip gulai atau soto daging.

Selain menggunakan iga sapi, ada juga yang menggunakan iga kerbau yang diracik dengan berbagai rempah. Biasanya penyajian bebalung dilakukan dalam mangkok ditemani nasi putih, plecing, dan sambal.

  1. Sayur ares

Ares adalah pelepah isang atau gedebok pisang yang masih muda. Terbuat dari pelepah pisang dengan kuah santan dan berbagai rempah. Rasanya gurih.  Sayur ares mempunyai cita rasa yang gurih dari hasil penggunaan santan yang berpadu dengan rempah seperti bawang merah, ketumbar, bawang putih, jahe, kemiri, lengkuas, kunyit, dan jintan. Biasanya ditambahkan daging di dalamnya.

  1. Kue keciput

Kue ini mirip seperti onde-onde, tetapi ukurannya lebih mungil. Jika onde-onde berisikan kacang hijau, kue keciput tidak mempunyai isian. Keciput terbuat dari beras ketan. Di Lombok, terdapat keciput biasa dan keciput hitam. Keciput biasa terbuat dari beras ketan putih, sedangkan keciput hitam terbuat dari beras ketan hitam.

 

Nah, itulah 12 kuliner khas Lombok. Bagaimana? Tertarik mencicipi yang mana? Yuk lestarikan kuliner nusantara. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bisa jadi referensi kulineran saat di Lombok.

Share this Post

Share