Tiru Trik dari ICA ini, Dijamin Masakan mu Jadi Enak!

            Memasak memang mudah, tapi rasanya? – Memasak memang terlihat mudah, tetapi harus tahu trik agar cita rasa suatu hidangan jadi enak. Meskipun memasak di rumah, tapi rasanya jangan mau kalah dengan hidangan di restoran. Tiru tips dan trik dari Indonesian Chef Association ini, masakan mu pasti enak:

  1. Sereh

Sereh dapat menambah aroma dan cita rasa masakan. Rempah ini mampu memberikan rasa segar namun tidak pahit walaupun dimasak lama. Sereh juga kaya akan manfaat kesehatan seperti, menurunkan kolesterol, detoksifikasi, hingga memiliki zat anti kanker.

  1. Marinasi

Jika memiliki banyak waktu, sebaiknya marinasi atau rendam bahan makanan dengan bumbu. Tutuplah dengan wadah penutup rapat atau plastic wrap dengan tujuan kelembapan daging terjaga dan proses penyerapan bumbu jadi lebih sempurna.

  1. Daun jeruk

Daun jeruk merupakan bahan makanan yang berguna untuk menambah aroma dan cita rasa masakan. Daun jeruk biasa digunakan pada masakan Padang, seperti rendang dan ayam bakar. Daun jeruk mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk membantu relaksasi, mengolah stres, sebagai antibiotik konvensional yang sangat aktif terhadap mikroba.

  1. Mentega

Jangan takut untuk menggunakan banyak mentega, mentega atau butter dapat menambahkan begitu banyak rasa. Mentega juga akan memberikan warna, penyerapan bumbu yang baik untuk daging dan ikan, terutama apabila diolah dengan cara dibakar. Jika khawatir kandungan lemak dalam mentega, cukup olesi peralatan masak dengan mentega.

  1. Daun salam

Daun salam berbentuk menyirip dan lancip dapat digunakan untuk menambah aroma suatu hidangan. Daun salam biasa dicampurkan dengan bumbu-bumbu lainnya dan ditumis hingga layu. Kandungan gizi di dalamnya pun beragam yaitu vitamin A, vitamin C, kalsium, dan dapat menekan kenaikan gula darah.

  1. Pala

Rempah ini terkenal memberikan rasa pedas yang khas pada suatu hidangan. Pala adalah rempah yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Pala juga dapat menghangatkan tubuh dan sebagai penyedap makanan. Pala memiliki manfaat seperti pereda mual, mengobati maag, hingga menghilangkan jerawat ataupun flek hitam.

  1. Air

Air tidak hanya untuk merebus. Air juga dapat digunakan untuk menarik rasa dari bahan-bahan lainnya. Jika tidak memiliki kuah kaldu, jangan takut memasukkan sayuran ke dalam air. Tanpa air, rasa sayuran juga lebih maksimal. Tumis sayuran dengan minyak zaitun dan sejumput garam serta sedikit air mendidih. Tutup wajan selama beberapa menit dan biarkan air menguap hingga sayuran matang. Cara memasak seperti ini sering diterapkan dalam tumisan Chinese food. Air perendam sayur juga jangan dibuang. Gunakan untuk tumisan atau memperkaya rasa sup.

  1. Kayu manis

Kayu manis memang sering digunakan untuk membuat kue. Aromanya yang khas sedikit pedas dan manis. Rempah ini mampu menambah aroma dan kenikmatan suatu hidangan. Kayu manis memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu mengontrol gula darah, penurun kolesterol, hingga anti inflamasi serta anti kanker.

  1. Ketumbar

Penggunaan ketumbar bertujuan untuk menambah aroma masakan. Ketumbar dapat membuat rasa masakan menjadi lebih gurih dan hidup. Biasanya, ketumbar dipadukan ke dalam bumbu tempe bacem dan masakan khas Jawa lain. Ketumbar memiliki manfaat yaitu antioksidan, pelindung rongga mulut, penurun kolesterol, dan pengontrol kadar gula darah.

  1. Pelan-pelan

Ketika memasak jangan terlalu buru-buru. Memasak membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Terutama ketika memanggang dalam oven. Kebanyakan kue tidak bisa jika sering dibuka tutup. Kalau makanan, biarkan saja matang tetap di dalam oven yang sudah dimatikan. Semakin lama bumbunya akan semakin meresap.

  1. Topping

Jangan lupakan plating! Jika hidangan mu lezat tetapi plating seadanya, tentu akan kurang menarik dan tidak meningkatkan citarasa makanan. Proses finishing inilah yang akan membuat masakan mu menjadi enak. Misalnya, dapat menambahkan minyak zaitun di atas salad, daging unggas, dsb.

Nah, itulah 11 tips dan trik dari Indonesian Chef Association agar masakan mu jadi lebih enak. Semoga bermanfaat!

Referensi:

DetikFood , Grid.id

Share this Post

Share