14 Bahan Makanan Tidak Bisa Kedaluwarsa

Emang ada? - Salam kuliner Indonesia. Sadar gak bahwa selama ini tidak semua bahan makanan di dapur ada masa kedaluwarsanya? Ada beberapa bahan makanan yang mempunyai masa kedaluwarsa yang lama bahkan tidak bisa kedaluwarsa. Apa saja ya? Indonesian Chef Association telah merangkumnya sebagai berikut:

  1. Beras

Bahan adalah bagian bulir padi (gabah) yang sudah dipisah dari sekam. Bahan makanan pokok masyarakat Indonesia ini ternyata tidak punya masa kedaluwarsa dan bahkan dapat dikonsumsi setelah bertahun-tahun dibeli. Dengan syarat, beras disimpan di tempat yang sejuk dan kering dalam wadah yang kedap udara serta bebas debu.

  1. Vanilla essence

Vanilla essence merupakan larutan yang dibuat dengan cara memaserasi dan meresap polong vanilla dalam larutan etanol dan air. Inilah yang membuat vanilla essence dapat disimpan dalam waktu lama. Kandungan yang ada di dalamnya menyebabkan bakteri dan jamur tidak bisa bertahan hidup di dalam vanilla essence. Bahan makanan ini merupakan unsur paling penting dalam pembuatan makanan penutup.

  1. Madu

Dilansir dari Reader’s Digest, kandungan  yang terkandung di dalam madu seperti, glukosa, asam glukonat alami, dan hidrogen peroksida alami menjadi alasan madu dapat bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun lamanya tanpa mengalami kerusakan. Pada tahun 2015, para arkeolog menemukan madu yang berusia 3000 tahun saat menggali makam di Mesir dan madu itu masih bisa dikonsumsi.

Namun, apabila madu mulai berubah warna atau mengkristal, jangan khawatir, simpanlah madu di suhu ruang dan aduk-aduk hingga tekstur madu kembali seperti sedia kala. Cara lainnya yaitu, dengan menempatkan toples madu yang terbuka di air panas agar madu mencair dengan sendirinya.

  1. Kecap

Kecap merupakan bumbu dapur atau penyedap berupa cairan berwarna hitam yang terbuat dari kedelai atau kedelai hitam. Bahan makanan ini dapat bertahan bertahun-tahun asalkan penyimpanannya tepat. Bahkan, apabila segel tertutup rapat, kualitas kecap tidak akan rusak meski disimpan selama puluhan tahun. Garam dan gula yang tinggi di dalamnya menjadi alasan kecap dapat bertahan lama. Sebaiknya, simpan kecap di dalam kulkas agar jamur dan kotoran lainnya tidak merusak kualitas kecap.

  1. Cuka

Bahan makanan ini terbuat dari sari beras, kentang, biji-bijian, atau buah yang telah difermentasi. Asam asetat, asam etanoat atau asam cuka adalah senyawa kimia asam organik yang dikenal sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan. Asam cuka memiliki rumus empiris C₂H₄O₂. Ternyata cuka tidak memiliki masa kedaluwarsa, bahkan tanpa perlu disimpan di dalam kulkas. Kadar keasaman yang tinggi yang menyebabkan bakteri dan jamur tidak dapat bertahan hidup di dalam cuka.

  1. Garam

Garam adalah senyawa netral dengan pH sekitar 7 yang terdiri atas ion-ion. Bahan makanan ini sering digunakan sebagai bumbu dan pengawet makanan. Garam murni tidak dapat kedaluwarsa, sedangkan garam dapur beryodium hanya dapat bertahan selama 5 tahun.

  1. Gula

Gula merupakan karbohidrat sederhana yang dapat menjadi sumber energi dan komiditas perdagangan utama. Banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat dan digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis pada makanan atau minuman. Dengan penyimpanan yang jauh dari lembap dan tungau, gula dapat dipakai sampai kapanpun. Simpanlah dalam wadah kedap udara di tempat sejuk dan kering.

  1. Kacang dan buah kering

Proses pengeringan inilah yang membuat kacang dan buah dapat bertahan lama. Kacang dan buah yang dikeringkan akan meningkatkan kadar gula dan menurunkan kadar airnya sehingga membuat bakteri dan jamur tidak dapat tumbuh. Simpanlah di dalam wadah tertutup dan tidak lembap agar dapat bertahan selama bertahun-tahun.

  1. Tepung jagung

Tepung jagung, pati jagung atau yang dikenal dengan tepung maizena ialah pati yang didapat dari endosperma biji jagung. Bahan makanan ini digunakan sebagai bahan pengental dalam sup atau saus. Jika disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan sejuk, tepung jagung dapat bertahan lama. Teksturnya yang kering menjadi salah satu faktor mengapa bahan makanan ini dapat bertahan lama.

  1. Pasta mentah

Pasta sering digunakan pada masakan Italia yang terbuat dari campuran tepung terigu olive oil, garam, dan telur lalu dibentuk menjadi beragam ukuran dan bentuk. Pasta mentah dapat bertahan lama jika disimpan dalam wadah yang kedap udara dan tidak lembap.

  1. Kopi

Kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang sudah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk kopi. Pada umumnya, terdapat dua varietas pohon kopi yaitu kopi robusta dan arabika. Bahan ini dapat tahan lama selama disimpan dalam wadah yang tertutup dan kedap udara.

  1. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol atau sering disingkat dengan minol adalah minuman yang mengandung etanol. Terdapat beberapa makanan yang menggunakan campuran minuman beralkohol. Tidak perlu khawatir, karena bahan ini cenderung awet jika disimpan di dalam ruangan yang agak lembap. Bahkan, semakin lama disimpan, semakin enak rasanya.

  1. Sirup mapel

Sirup mapel adalah sirup yang didapat dengan menyadap getah xylem dari mapel hitam, mapel gula atau mapel merah. Memiliki kandungan quebecol yang bermanfaat mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, alzheimer, dan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri. Sebagian orang menambahkan sirup mapel pada pancakes. Bahan ini tidak akan kedaluwarsa asalkan disimpan di tempat dingin dengan wadah tertutup rapat, tanpa perlu khawatir jamur atau basi.

  1. Cokelat

Cokelat merupakan hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan. Bahan ini termasuk tidak mudah kedaluwarsa, tetapi tak semua cokelat bisa awet. Hanya dark chocolate saja yang tidak mudah kedaluwarsa, sedangkan milk chocolate dan white chocolate mudah kedaluwarsa karena terdapat bahan campuran seperti susu.

 

Nah, itulah 14 bahan makanan yang tidak mudah kedaluwarsa. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan cara penyimpanannya. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

 

Referensi:

Fimela , Brilio , Kumparan

Share this Post

Share

7 Tips Menyimpan Wortel

                Bagaimana...