Jangan Kesrut Khas Banyuwangi

                Asing dengan makanan ini? – Jangan kesrut atau sop kesrut merupakan salah satu kuliner khas Indonesia, tepatnya daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Di Banyuwangi sendiri, tidak banyak warung atau restoran yang menyediakan makanan ini. Makanan kuno ini mulai terlupakan.

Konon katanya, asal usul disebut jangan kesrut karena setiap mengonsumsinya, hidung Anda akan terasa meler dan ‘kesrut-kesrut’ merasakan pedasnya hidangan khas Suku Osing ini. Salah satu ciri khasnya yaitu ada belimbing wuluh atau belimbing sayur. Ini yang membuat jangan kesrut rasanya segar. Pas dikonsumsi di siang hari. Jangan kesrut berwarna merah menyala dengan aroma pedas dan segar.

                Bahan-bahan untuk membuat jangan kesrut cukup mudah ditemui. Diantaranya yaitu, cabai rawit, cabai besar, tomat, daun bawang, terasi, garam, dan gula. Jangan lupa belimbing wuluh atau belimbing sayur yang menjadi ciri khas makanan ini. Ciri khas jangan kesrut lainnya yaitu rasa kaldunya gurih, sedikit asam, dan pedas.

Biasa disajikan dengan tempe goreng dan kala gepuk. Kala gepuk juga makanan khas Banyuwangi. Terbuat dari daging sapi bagian paha yang berserat. Bukan abon, kala gepuk bumbunya berbeda dan tidak kering. Rasanya gurih, cocok dicampur dengan jangan kesrut yang isian daging atau kikil.

Bagaimana? Tertarik mencicipi? Jangan lupa ‘berburu’ jangan kesrut ketika mengunjungi Banyuwangi.

Referensi:

Kompas , KSMTour

 

Share this Post

Share