Lama Penyimpanan Daging di Dalam Kulkas

Ada batas waktunya? – Jika Anda baru membeli daging atau produk olahan daging seperti sosis dan kornet serta tidak langsung dikonsumsi maka sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Apa ada waktu lama penyimpanan daging di dalam kulkas?

Nah, sebelum menyimpan daging di dalam kulkas atau freezer, cek terlebih dahulu kondisi kulkas Anda. Caranya, perhatikan makanan yang ada di dalam freezer, misalnya es krim. Jika es krim masih lunak dan berair setelah lama dibekukan, berarti suhu freezer Anda kurang dingin untuk digunakan menyimpan makanan dalam waktu yang lama. Kondisi kulkas seperti ini akan membuat makanan lebih cepat rusak karena dapat terkontaminasi jamur atau bakteri. Lantas, berapa lama menyimpan daging di dalam kulkas atau freezer? Ternyata berbeda-beda, yuk simak ulasan berikut:

  1. Daging merah

Daging merah mentah (daging sapi, kambing, domba, babi, dsb) dapat disimpan di dalam kulkas selama 3-4 hari. Sedangkan, jika disimpan di dalam freezer bertahan hingga 4-12 bulan. Setelah dikeluarkan dari kulkas, jangan lupa cek kondisi daging merah mentah tersebut. Jika warnanya berubah menjadi kecoklatan dan terlihat tidak segar lagi, maka buang dan jangan diolah. Daging merah matang dapat awet di dalam kulkas selama 3-4 hari dan dalam freezer bertahan hingga 2-6 bulan.

  1. Makanan laut

Produk makanan laut segar mentah dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari dan di dalam freezer awet hingga 6 bulan. Tetapi, FDA, badan pengawas obat dan makanan di Amerika menyarankan untuk menyimpan ikan mengikuti kandungan lemak yang ada di dalam ikan tersebut. Maksudnya, ikan dengan sedikit lemak seperti ikan kod, tuna, nila, dan flounder dapat disimpan di freezer hingga 6 bulan. Ikan berlemak seperti ikan teri, sarden, dan salmon hanya boleh disimpan selama 3 bulan agar kualitasnya terjaga.

  1. Daging unggas

Daging unggas mentah hanya dapat bertahan selama 1-2 hari di dalam kulkas, daging unggas potongan jika disimpan dalam freezer hanya bisa bertahan hingga 9 bulan. Sedangkan daging unggas utuh dapat bertahan hingga satu tahun jika disimpan di freezer. Berbeda halnya dengan daging unggas yang telah dimasak, hanya bisa 3-4 hari di dalam kulkas dan 2-6 bulan di dalam freezer.

  1. Daging giling

Baik itu berasal dari daging sapi, domba, atau ayam hanya bisa bertahan di dalam kulkas selama 1-2 hari dan 3-4 jika di dalam freezer.

  1. Daging olahan

Produk daging olahan seperti kornet, sosis, sepek (bacon), ham, daging asap, salami, dsb dapat bertahan di dalam kulkas selama 2 minggu dengan bungkus yang masih tersegel sempurna, apabila sudah dibuka, daging olahan hanya dapat disimpan dalam kulkas selama 5-7 hari. Jika disimpan di dalam freezer dapat bertahan hingga 1-2 bulan. Penyimpanan daging olahan lebih mudah karena sudah ada masa kedaluwarsa yang tertera dalam kemasan.

Beberapa hal lain yang wajib diperhatikan agar kondisi daging tetap segar selama disimpan yaitu:

  • Potong daging saat masih segar sebelum menyimpannya.
  • Simpan daging mentah di dalam wadah yang bersih dan kedap udara.
  • Bila membeli daging kemasan, ikuti petunjuk penyimpanan yang tertera pada bungkus.
  • Pisahkan daging mentah dan daging matang saat penyimpanan di kulkas atau freezer.
  • Beri label berisi tanggal dan nama daging untuk memudahkan kapan daging mulai disimpan di dalam kulkas atau freezer.
  • Jangan bekukan kembali daging yang sudah dicairkan. Langsung olah semuanya agar tidak ada daging sisa yang harus dibekukan kembali.
  • Oleh karenanya, sebelum menyimpannya di dalam kulkas atau freezer, bagi-bagi terlebih dahulu sehingga ketika akan memasaknya, hanya perlu mengeluarkan dan mencairkan seperlunya.

Sebentar lagi Umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang akan ada banyak persediaan daging di rumah. Semoga artikel dari Indonesian Chef Association ini dapat menjadi referensi Anda dalam penyimpanan daging sapi atau kambing.

 

Referensi:

CNN Indonesia dan Hello Sehat

Share this Post

Share

Asal Usul Cokelat

                Pencinta...