Konsumsi ini di Kala Hujan

                Hujan-hujan emang enaknya makan atau minum yang hangat-hangat ya! – Setuju tidak dengan statement tersebut? Memasuki musim penghujan seperti sekarang, suhu udara menjadi semakin rendah. Hal ini membuat kita merasa kedinginan dan cepat lapar dibanding biasanya. Inilah saat yang tepat untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang serba hangat. Apa saja? Yuk baca rekomendasi hidangan berikut:

  1. Bakso

Hidangan favorit masyarakat Indonesia ini sangat cocok dikonsumsi di kala hujan. Kuah hangat dan tekstur bakso yang kenyal ditambah dengan pedasnya sambal memberikan kenikmatan tersendiri. Musim penghujan seperti saat ini, biasanya bakso menjadi primadona, sangat dicari-cari. Benar tidak? ­

  1. Mie instan rebus

Selain bakso yang mendadak menjadi primadona, mi instan rebus juga menjadi pilihan yang sangat cocok dikonsumsi saat hujan. Cara membuatnya tidak sulit dan harganya yang murah meriah menjadi nilai plus mie instan rebus. Apalagi dikonsumsi dengan ditambahkan telur, sawi, dan cabe rawit, dijamin semakin nikmat!

  1. Pisang goreng

Pisang goreng juga menjadi salah satu hidangan yang enak dimakan saat musim hujan. Pisang goreng yang manis ditemani teh atau kopi hangat pasti langsung menghangatkan badanmu. Tak hanya pisang goreng, pisang bakar dan olahan pisang lainnya juga enak dimakan saat hujan turun.

  1. Jagung rebus atau jagung bakar

Camilan yang murah meriah selanjutnya yaitu jagung rebus atau bakar. Meskipun tergolong murah, jagung mengandung serat, vitamin B kompleks dan antioksidan. Jangan meremehkan jagung! Biasanya untuk jagung bakar, memakai jagung yang muda, karena tidak keras.

  1. Pempek Palembang

Makanan khas nusantara dari Palembang ini juga cocok dinikmati di kala hujan. Kuah cuka diguyur dengan potongan lenjer, adaan atau kapal selam akan membuat lidah bergoyang dan tentu dapat menghilangkan rasa laparmu.

  1. Soto

Kuah kaldu soto ditambah paduan gurihnya koya mampu menghangatkan harimu yang dingin karena hujan yang sedang turun. Banyak jenis soto di Indonesia, bahkan berbeda-beda di tiap daerah. Kuah soto dengan taburan koya, potongan telur serta irisan daging, ditambah dengan potongan daun seledri dan daun bawang semakin menambah kenikmatan.

  1. Kacang rebus

Camilan ini juga enak dikonsumsi saat hujan.  Apalagi jika terjeak macet, dapat menghilangkan rasa bete dan kesal. Banyak pedagang yang menjajakan kacang rebus di sekitar lampu merah.

  1. Binte Biluhuta

Hidangan khas Gorontalo ini berbahan dasar sup jagung. Ditambahkan bumbu-bumbu nusantara seperti belimbing sayur, daun kemangi, kelapa, daun bawang, jeruk nipis, dengan lauk udang membuatnya semakin sedap. Binte biluhuta yang notabene-nya merupakan masakan khas nusantara, kamu tidak akan kesusahan mencarinya jika sedang berkunjung ke Gorontalo.

  1. Tongseng

Tongseng adalah hidangan yang mirip gulai dengan menggunakan daging yang masih menempel pada tulang, terutama tulang iga serta tulang belakang. Sehingga, hidangan ini sangat cocok dikonsumsi saat hujan. Tongseng dikenal sebagai makanan khas dari Solo dan sekitarnya. Makanan khas ini dibuat dari daging kambing yang ditumis dengan beragam sayuran seperti kol, bawang, tomat, ditambah dengan bumbu dan kecap. Bumbu yang biasa digunakan yaitu garam, bawang putih, kecap, dan lada.

  1. Laksa

Makanan ini populer di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Laksa merupakan makanan berjenis mie yang diberi bumbu. Memiliki perpaduan antara Tiongkok dan Melayu, di Indonesia juga dikenal laksa Betawi atau laksa Bogor.

  1. Sop

Sop merupakan makanan rumahan yang nikmat disajikan di kala hujan. Beberapa jenis sop yaitu sop ayam, sop sayuran, atau sop seafood. Selain enak dan mudah dibuat, sop juga berfungsi menghangatkan tubuh dan pastinya bergizi.

  1. Coto Makassar

Makanan khas yang berasal dari Makassar ini juga pas dikonsumsi saat musim hujan. Kuahnya terbuat dari rebusan jeroan yang bercampur dengan daging sapi yang diiris kecil, dinikmati dengan ketupat atau burasa khas Makassar. Sajian ini tidak jauh berbeda dengan soto daerah lain, perbedaannya terletak pada bumbu rempah dan kacang untuk kuah yang kental. Bahkan ada sekitar 40 jenis rempah yang digunakan untuk membuat coto Makassar.

  1. Wedang ronde

Wedang ronde tidak hanya enak dikonsumsi, tetapi mampu menghangatkan badan ketika sedang musim hujan. Hidangan ini terbuat dari tepung ketan, kacang tanah, kolang-kaling, serta air jahe yang ditambah sedikit gula.

  1. Wedang jahe

Minuman ini juga terkenal mampu menghangatkan tubuh. Sesuai namanya, berbahan dasar jahe. Cara membuatnya cukup mudah yaitu cuci beberapa jahe dengan air bersih, tumbuk-tumbuk, lalu masukkan ke dalam gelas dan tuangkan air panas. Mudah bukan? Memiliki citarasa yang manis dan tidak terlalu pedas, tanpa tambahan gula lebih baik mampu menghangatkan tubuh, menghilangkan kembung, dan masuk angin.

  1. Cokelat panas

Ketika hujan turun dan mood sedang berantakan, segelas cokelat panas mampu mengembalikan moodmu. Hangat dan enak, dua kata yang menggambarkan minuman ini. Cokelat berguna untuk menurunkan tekanan darah, anti depresan, dan mengurangi risiko serangan jantung. Kamu dapat terus produkif meskipun musim hujan.

  1. Susu hangat

Segelas susu hangat mampu mengahangatkan tubuhmu yang kedinginan. Susu juga mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh. Susu juga dipercaya mampu mengembalikan daya tahan tubuh yang menurun sepanjang musim hujan, karena susu mengandung kalsium serta protein yang memiliki kandungan fosfor, vitamin, kalium, magnesium, dan seng.

  1. Bajigur

Minuman khas nusantara dari Jawa Barat ini pas diminum saat hujan. Biasanya penjual bajigur akan menjajakan bajigur ditemani pisang rebus, ubi rebus, kacang rebus, dan kue pisang yang dibungkus daun. Mudah sekali ditemui di Jawa Barat. Biasanya dijual dalam gerobak dorong. Saat ini juga ada bajigur durian. Hangat, manis gula jawa, berwarna kecoklatan serta terbuat dari campuran santan.

  1. Kopi

Minuman yang sering diminum untuk pengambah energi ini juga cocok dikonsumsi kala hujan turun.  Jangan salah, kopi memiliki banyak manfaat loh! Diantaranya, mampu meningkatkan energi, menurunkan risiko diabetes, dan salah satu sumber antioksidan yang baik.

  1. Bandrek dan sarabba

Minuman ini mudah ditemui di daerah Jawa Barat. Selain mampu menghangatkan tubuh, dipercaya pula dapat menambah stamina. Selain di Jawa Barat, mudah juga didapati di Medan. Bahan dasar bandrek yaitu jahe, daun pandan, gula merah, dan kayu manis. Kadang juga diberi cengkeh. Di daerah lain dikenal dengan nama sarabba. Minuman khas ini berasal dari Makassar. Bahan dasarnya jahe, santan, gula aren, kuning telur, dan lada bubuk.

  1. Kembang tahu

Jajanan ini berupa sari pati tahu yang disiram kuah jahe dan gula aren. Dapat menjadi pilihan untuk menemani harimu yang dingin. Kembang tahu disajikan dengan kacang tanah sangrai atau ditambah dengan keju. Dapat dijumpai di Pontianak dan Jawa Barat. Pada umumnya, dijajakan keliling kampung.

  1. Bir pletok dan uli bakar

Minuman ini berasal dari Betawi, terbuat dari jahe, serai, dan kayu manis. Rasanya sedikit pedan dan disajikan hangat-hangat. Berwarna merah, efek dari penggunaan secang. Cocok dikonsumsi dengan uli bakar. Perpaduan yang pas dikonsumsi saat hujan turun!

  1. Teh talua

Teh talua merupakan minuman khas nusantara, tepatnya dari Bukittinggi, Sumatera Barat. Minuman ini terbuat dari telur, teh, dan kayu manis. Tenang, tidak akan tercium bau amis. Justru memiliki aroma yang wangi. Jika berkunjung di Bukittinggi, wajib mencicipi teh talua.

  1. Bakmi godog

Mie godog atau mie rebus olahan khas Jawa menjadi primadona disaat hujan. Memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, serta kaya akan rempah-rempah nusantara. Mudah ditemui di pinggir jalan.

  1. Cap cay

Hidangan yang penuh dengan aneka macam sayuran di dalamnya ini nikmat sekali. Selain enak, sehat juga. Mampu membangkitkan energi tubuh. Cap cay dapat disajikan dengan kuah atau goreng.

  1. Macaroni kuah

Last but not least, macaroni kuah. Mirip dengan sayur sop. Terdiri dari wortel, bakso, kentang, macaroni, dan tomat. Kamu juga dapat menambahkan sayur kol atau kubis. Selain sehat, macaroni kuah mampu menghangatkan tubuhmu.

Bagaimana dengan 25 rekomendari makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi di kala hujan? Mana yang menjadi favoritmu?

Referensi:

Popmama , Seruni , IDNTimes , Unsplash

 

Share this Post

Share

Chef Expo 2019

Event kuliner tahunan yang ditunggu-tunggu nih! - Indonesian Chef Association (ICA) akan menggelar C...