Sebaiknya Tidak Bekukan 10 Makanan Ini

                Adakah dari kalian yang suka membekukan makanan? – Salah satu makanan yang sering dibekukan yaitu buah. Buah yang telah dibekukan terasa lebih segar dan lezat. Namun, tahukah kamu jika sebaiknya buah tidak dibekukan? Apa alasannya? Buah yang dibekukan bisa berubah aroma, berubah tekstur, berubah warna, dan menghilangkan kandungan nutrisi.

                Selain buah, ada beberapa jenis makanan lain yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam freezer. Apa saja? Simak yuk.

  1. Susu

Jangan letakkan susu ke dalam freezer. Susu aman dibekukan, tetapi susu beku lalu dicairkan kembali tidak baik untuk dikonsumsi. Minuman yang lembut dan creamy ini akan terpisah jadi bongkahan senyawa lain yang mengambang di air. Susu bisa dimasukkan ke dalam smoothies atau kue, tapi sudah tidak enak untuk dikonsumsi.

  1. Telur

Telur sangat tidak baik disimpan di dalam freezer. Hal ini karena, telur mentah yang ada dalam cangkang akan mengembang ketika membeku. Sehingga, menyebabkan cangkang retak dan telur pecah.

  1. Sayuran berdaun

Sayuran beku yang dicairkan kembali sangat tidak baik digunakan untuk salad. Sayuran hijau mengandung banyak air. Ketika sayur dibekukan, air akan bertambah dan menghancurkan dinding sel yang mempertahankan struktur daun. Ini berarti sayuran segar akan basah dan layu. Selain itu, gizi yang terkandung di dalamnya juga berkurang.

  1. Mayonnaise

Mayo yang dibekukan tidak baik untuk dihidangkan dalam salad. Mayo yang awalnya creamy akan menggumpal. Walaupun, seperti yang telah kita ketahui, mayo memiliki masa simpan yang cukup lama jika disimpan di dalam lemari es, namun sebaiknya kamu langsung menggunakannya.

  1. Kentang

Kentang mengandung air yang banyak. Ketika membeli kentang, konsistensinya berubah secara permanen. Setelah kentang dicairkan kembali, akan memiliki tekstur lembek dan berlendir yang membuat sulit dimasak.

  1. Mentimun

Mentimun merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak air. Bahkan lebih dari 90 persen mentimun terdiri dari air. Jika kamu membekukan mentimun, artinya air akan mengkristal menjadi es. Mentimun tidak renyah, justru mencair dan lembek layaknya bubur.

  1. Tomat

Jangan pernah menyimpan tomat dalam freezer. Ketika dicairkan, tomat akan lengket dan tidak segar lagi. Perubahan ini dikarenakan jumlah air dalam tomat. Lain halnya, jika kamu ingin menyimpan tomat untuk dimasukkan dalam sup atau saus, tomat tetap bisa dibekukan walaupun tidak lagi segar, rasa tomat pun akan bertahan cukup lama.

Jika ingin membekukan tomat, potong menjadi dadu terlebih dahulu. Dengan memotongnya menjadi bentuk dadu, akan lebih mudah ketika dicairkan.

  1. Bumbu dapur

Jangan pernah menyimpan bumbu dapur ke dalam freezer. Meskipun bumbu kering memiliki masa simpan yang lama, tapi jangan sekali-kali menyimpannya dalam freezer. Hal ini akan menyebabkan tingkat kekeringan atau kelembapan pada bumbu dapur dan mampu mengubah rasa.

  1. Daging yang dicairkan

Menurut USDA, pembekuan daging memang diperbolehkan. Tetapi, akan membuat daging kering. Akibatnya, setelah kamu memasak kembali daging, teksturnya akan berubah.

  1. Makanan kaleng

Jangan pernah menyimpan produk kaleng yang belum dibuka ke dalam freezer. Hal ini dikarenakan air akan mengembang saat membeku. Jika tidak berhati-hati, kaleng bisa meledak dan membuat makanan berantakan dalam freezer.

                Nah, itulah 10 makanan yang sebaiknya tidak dibekukan. Bagaimana? Dari 10 makanan tersebut, apa saja makanan yang sering kamu bekukan? Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

 

Referensi:

DetikFood

 

Share this Post

Share