Rutin Makan Ikan dapat Mengurangi Risiko Kanker Usus???

            Sudah konsumsi ikan minggu ini? – Ikan terkenal akan kaya nutrisi baik untuk tubuh. Kanker usus di Indonesia terbilang cukup tinggi. Data menunjukkan bahwa 30% pasien yang terkena kanker berada di usia produktif. Studi dari University of Oxford, menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi ikan tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko terkena kanker usus. Penelitian ini dilakukan pada pola diet lebih dari 476.160 orang melalui kuesioner.

Penelitian tersebut meneliti asupan semua jenis ikan, mulai dari ikan putih, berlemak, berminyak, dan ikan yang ramping. Hasilnya, diteukan bahwa dengan mengonsumsi ikan secara rutin memiliki risiko terkena kanker usus 12% lebih rendah dibandingkan orang yang makan ikan kurang dari satu porsi seminggu.

Jumlah konsumsi ikan yang dapat mengurangi risiko terkena kanker usus adalah 359,1 gr setiap minggunya. Jumlah ini setara dengan tiga porsi ikan yang satu porsinya sebanyak 100 gr. Jenis ikan yang dapat mengurangi risiko terkena kanker usus yaitu ikan yang berlemak atau kaya akan omega3.

Orang yang mengonsumsi 123,9 gr ikan berlemak seperti salmon dan sarden per minggu mempunyai risiko 10% lebih rendah terkena kanker usus. Ikan yang berlemak dan berminyak mengandung sumber asam lemak tak jenuh ganda. Lemak ini baik untuk melindungi tubuh dari radang. Peradangan merupakan awal adanya kanker.

Lisa Wilde, direktur penelitian dan urusan eksternal di Bowel Cancer UK menyebutkan bahwa, membuat perubahan sederhana pada gaya hidup dapat membantu melawan kanker usus. Termasuk gandum, serat, dan ikan saat diet, memiliki berat badan yang sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur, menghindari daging olahan dan membatasi daging merah, semuanya dapat membuat perubahan nyata.

Referensi:

Okezone , Suara , CNN Indonesia

Share this Post

Share