Sumber Vitamin D Selain Sinar Matahari

                Sudah terpenuhikah vitamin D dalam tubuhmu? – Berdasarkan penelitan dalam Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutic, bahwa hampir 50% orang di seluruh duni kekurangan vitamin D. Vitamin D sangat penting bagi tubuh dan memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu menjaga kesehatan tulang, mencegah kanker, membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, mengendalikan gula darah, menjaga imunitas, dan masih banyak lainnya. Lalu, darimana saja sumber vitamin D didapat?

                Sumber utama vitamin D yaitu dari sinar matahari. Selain berasal dari sinar matahari, vitamin D dapat diperoleh dari berbagai makanan di bawah ini:

  1. Minyak hati ikan kod

Dalam satu sendok TEH minyak hati ikan kod mengandung 448 IU vitamin D. Jika kamu tidak tahan dengan bau amisnya, dapat mengonsumsinya dalam bentuk pil karena memiliki manfaat yang sama.

  1. Salmon

Salmon adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D, sumber protein, dan kaya omega-3. Dalam 100 gr salmon mengandung skeitar 447 IU vitamin D. Ikan lain yang memiliki kandungan yang hampir sama yaitu ikan tenggiri dan ikan sarden.

  1. Tuna

Dalam 100 gr ikan tuna kaleng, mengandung 236 IU vitamin D. Namun, perhatikan pula jenis tuna agar kamu terhindar dari tuna kalengan yang mengandung merkuri. Pilihlah tuna dalam kemasan dengan label “light” atau batasi konsumsi tuna kaleng sebanyak 200 gr per seminggu.

  1. Jamur

Beberapa jenis jamur seperti portobello (sejenis jamur kancing berukuran besar) tumbu di bawah sinar ultraviolet dan mampu menjadi sumber vitamin D yang baik. Jamur dapat menjadi opsi yang baik bagi para vegetarian atau vegan yang tidak mengonsumsi susu dan telur. Di dalam 100 gr jamur portobello mengandung 400 IU vitamin D.

  1. Kuning telur

Telur tidak hanya sebagai sumber protein tanpa lemak, tapi mampi memberikan 7% kebutuhan vitamin D harian. Banyak yang menganggap telur sebagai makanan yang jahat, menurut ahli gizi untuk Work It Out, Lisa Bruno, R.D. dengan mengonsumsi satu atau dua butir telur per hari tidak masalah. Padahal, dalam satu buah kuning telur mengandung 40 IU vitamin D.

  1. Susu

Susu sapi merupakan sumber alami yang baik untuk banyak nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan riboflavin. Susu nabati seperti susu kedelai sering diperkaya dengan vitamin D. Sereal dan oatmeal juga mengandung vitamin D, meski tak terlalu banyak.

 

Kebutuhan vitamin D untuk anak-anak dan orang dewasa rata-rata membutuhkan 600 IU vitamin D per hari. Kebutuhan vitamin D semakin meningkat ketika berusia > 70 tahun, yaitu sekitar 800 IU per hari. Semoga bermanfaat.

 

Referensi:

Healthline (2017). The Benefits of Vitamin D.

Strong, D. Everydayhealth.com (2015). 8 Ways to Get More Vitamin D in Your Diet.

Mayo Clinic (2013). Vitamin D, Drugs and Supplements.

Tidy, C. Patient (2017). Vitamin D Deficiency including Osteomalacia and Rickets – Symptoms.

Vann, M. Everydayhealth.com (2015). 7 Foods High in Vitamin D.

Quittner, E. Health.com (2016). 12 Ways to Get Your Daily Vitamin D.

Alodokter , CNN , Hellosehat , Unsplash

 

Share this Post

Share

Chef Expo 2019

Event kuliner tahunan yang ditunggu-tunggu nih! - Indonesian Chef Association (ICA) akan menggelar C...