Trik Menghafal Resep

            Sering kesusahan menghafal atau lupa resep? – Teknik menghafal cepat adalah cara untuk memasukkan informasi ke dalam otak (menghafal) dengan melibatkan otak kanan. Kebanyakan orang mengeluh karena tidak konsentrasi dan kurang daya ingatnya ketika belajar. Hal ini karena mereka tidak mengetahui tips dan trik cara untuk berkonsentrasi dan mengoptimalkan daya ingat.

            Berikut beberapa metode untuk menghafal cepat:

  1. Metode singkatan

Menghafal dengan menggunakan singkatan kata-kata. Misalnya, menghafal warna-warna pelangi, me-ji-ku-hi-bi-ni-u.

  1. Metode cerita

Teknik ini yaitu menghubungkan informasi yang satu dengan informasi lainnya menjadi sebuah cerita.

  1. Metode hubungan

Teknik ini untuk mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi lainnya dengan sebuah aksi. Aksi dapat berupa kata kerja, seperti melempar, menendang, memakai, dsb. Tambahkan unsur penguat lainnya seperti, warna, ukuran, dan bunyi.

  1. Metode gambaran

Suatu teknik menghafal informasi yang bersifat abstrak dengan cara menggambarkan kata-kata tersebut menjadi objek konkrit. Misalnya, kerak telor digambarkan menjadi Monas (Jakarta).

  1. Menuliskan ulang apa yang dihafalkan

Ulangi kata dan kalimat apa saja yang sedang dihafalkan. Cara ini termasuk mudah. Jadi, ketika sudah hafal beberapa kalimat, lanjut ke kalimat selanjutnya hingga hafal semuanya. Dengan ditulis berulang kali, secara tak langsung akan cepat hafal.

  1. Menuliskan ulang dengan visual lebih menarik

Masih sama yaitu metode menuliskan ulang. Bedanya, ulangi kata atau kalimat yang sedang dihafalkan dan buatlah lebih menarik pada segi visual. Mungkin dari segi pewarnaan tinta bolpoin atau segi tulisan.

  1. Merekam hafalan

Ketika merekam suatu hafalan, dapat menganalisa bagian kalimat mana yang sulit dihafal. Setelahnya, dapat mencatatnya lagi bagian yang memang sulit dihafal.

  1. Menghafal dengan cara bertahap

Tentu jika terus-menerus menghafal, dapat hilang atau cepat lupa. Oleh karena itu, sebaiknya berilah jeda pada otak untuk istirahat. Ketika dipaksa untuk menghafal terus-menerus, akan membuat kurang fokus.

  1. Dibaca berulang kali

Ketika melakukan suatu hafalan dan dibaca secara berulang kali, secara tak langsung akan membuat cepat hafal.

  1. Presentasi

Nah ini cara paling ampuh. Mempresentasikan. Semakin sering melakukan presentasi, dalam hal ini praktik membuat menu resep tersebut, pasti akan cepat hafal resep. Selain itu, Anda juga dapat mempresentasikan di depan orang lain. Dengan begitu, orang tersebut dapat sebagai juri apakah sudah sesuai dengan resep atau tidak.

Itulah 10 cara menghafal yang berhasil Indonesian Chef Association rangkum. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Kompasiana 

Share this Post

Share

Cara Baru Makan Nanas

            Ada-ada saja ya? – Beberapa...