10 Jenis Keju Lezat di Eropa

Apa nih keju favoritmu? – Eropa termasuk benua dengan negara penghasil keju terenak di dunia. Seperti, Spanyol, Inggris, Italia, Prancis dan banyak lainnya. Berikut beberapa keju dengan rasa lezat dari Eropa:

  1. Grana Padano

Grana padano disebut-sebut sebagai raja keju.  Pertama kali dibuat oleh Para Pendeta Cistercian asal Chiaravelle, Italia bagian utara pada abad ke 12. Keju ini merupakan keju keras pertama yang pernah diciptakan. Grada padano pun sudah mendapat sertifikat sebagai keju otentik asal Italia.

Grana Padano dibuat dari susu semi skim tidak terpasteurisasi yang difermentasi sekitar dua tahun. Keju ini memiliki tekstur yang keras, tebal, kering dan bagian dalamnya yang kasar. Meskipun keras dan kasar, grana padano punya rasa yang sangat kompleks dan gurih.

  1. Gruyere

Keju gruyere ini sangat populer di Swiss. Memiliki cita rasa manis dan gurih, bahkan sedikit rasa pedas. Sangat cocok disajikan dengan chutney atau selai, bisa juga dimasukkan ke dalam resep makanan croque monsieur berupa sandwich yang diberi daging ham dan keju.

  1. Halloumi

Yunani merupakan negara penghasil halloumi. Keju ini memiliki citarasa asin, kenyal, dan squeaky, sangat nikmat disajikan dengan dipanggang sempurna. Bahan dasarnya yaitu campuran susu domba dan kambing.

  1. Serra da estrela

Keju Serra da estrela terbuat dari susu domba dan memiliki citarasa sangat pedas, yang menjadi favorit orang Portugis. Sayangnya, keju ini terancam punah.

  1. Manchego

Manchego terbuat dari susu domba yang dipasterurisasi sehingga mampu bertahan hingga berbulan-bulan bahkan tahunan. Keju ini berasal dari negara Spanyol. Memiliki bau tidak terlalu menyengat dan teksturnya keras dengan pinggiran yang sangat rapu. Sangat cocok menggabungkan dengan membrillo atau selai quince.

  1. Cheddar cheese

Di Inggris, keju ini murah dan sangat mudah didapatkan. Keju cheddar cukup digemari, memiliki cita rasa manis dan tesktur keras, namun rapuh. Dibuat di desa bernama Cheddar yang ada di sebelah barat daya Inggris. Cocok disajikan dengan chutney dan sandwich.

  1. Bitto

Keju bitto dibuat di Orobic Alps, Italia Utara memiliki umur sekitar 2.000 tahun lebih. Terbuat dari campuran susu sapi dan kambing. Keju ini hampir punah, karena pembuatannya lebih mahal disbanding harga jualnya.

  1. Morbier

Morbier berasal dari daerah Franche-Comte di negara Prancis yang sangat terkenal. Terbuat dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu, memiliki rasa sedikit bitter. Keunikan dari keju ini yaitu adanya garis tengah berbentuk horizontal yang sangat cantik. Garis ini terbuat dari abu, memiliki sejarah yang mana karena lebatnya salju sehingga kualitas susu menurun dan kesulitan membuat keju.

Pembuat keju menyiasati dengan menaburkan abu diantara susu yang diperas pagi dan sore hari. Kini garis tersebut sudah dibuat dengan menggunakan pewarna makanan

  1. Havarti

Havarti berasal dari Denmark berstektur semi lunak dan terbuat dari susu sapi. Havarti merupakan nama peternakan yang dibuat pertama kali oleh Hanne Nielsen. Hanne Nielsen adalah pembuat keju yang menjelahahi Eropa untuk mempelajari teknik membuat keju dan menciptakan keju harvati. Keju ini berwarna kuning pucat dengan rasa tidak terlalu kuat.

  1. Wensleydale

Keju ini berasal dari Yorkshire. Memiliki cita rasa nikmat dengan tekstur lembut dan rapuh, menjadikannya sangat populer.

Jadi, keju asal Eropa apa yang pernah kamu coba? Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

Share this Post

Share

Hari Chef Nasional

25 Januari diperingati sebagai Hari Chef Nasional Kepada seluruh pencinta kuliner yang tergabung da...