Asupan Superfood untuk Sang Buah Hati

                Sudah tepatkah asupan makanan untuk sang buah hati? – Dalam masa pertumbuhan, seorang anak sangat membutuhkan gizi yang terbaik, makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Semakin bertambahnya usia anak, semakin  bertambah pula kegiatannya. Peran orang tua sangatlah penting dalam hal ini. Orang tua wajib memberikan makanan yang bernutrisi guna tumbuh kembang maksimal.

                Berikut beberapa makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan sang buah hati.

  1. Susu

Dalam segelas susu mengandung protein, kalsium yang merupakan bahan bakar utama bagi otak dan tubuh anak. Kalsium dalam susu mampu menjaga gigi dan tulang anak agar tetap kuat. Protein berfungsi guna pembentukan jaringan otak. Selain kalsium dan protein masih banyak vitamin yang terkandung dalam segelas susu.

  1. Telur

Telur kaya akan protein, vitamin D di dalam telur juga sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Konsumsi telur tiap pagi akan membuat kenyang lebih lama dan anak akan berenergi seharian penuh.

  1. Buah-buahan

Beragam buah memiliki kandungan gizi dan vitamin berbeda-beda. Dengan mengonsumsi berbagai varian buah, tentu akan mendapat beragam manfaat bagi tubuh juga. Selain itu, buah juga tinggi serat yang dapat memperlancar pencernaan.

  1. Salmon

Ikan salmon mengandung protein yang sangat baik bagi perkembangan otak anak. Ikan ini kaya akan vitamin B, lemak omega3, selenium, potasium, dsb. Kamu bisa menyajikan ikan salmon panggang bumbu atau tim salmon saus kecap.

  1. Tomat

Tomat  mampu mencegah kanker, karena mengandung likopen, yaitu sejenis antioksidan yang baik. Hindari mengonsumsi tomat mentah dan lebih baik memasak tomat terlebih dahulu, karena dalam proses pemasakan kandungan likopen dalam tomat akan keluar.

  1. Kacang-kacangan

Sajian menu kacang-kacangan saat pagi hari mampu meningkatkan energi anak sepanjang hari. Kacang-kacangan mengandung lemak sehat yang mampu membantu tumbuh kembang anak.

  1. Tahu tempe

Bahan makanan yang terbuat dari kedelai ini dipercaya sebagai sumber protein yang baij bagi tubuh. Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi untuk para vegetarian dan vegan.

  1. Yoghurt

Dalam yoghurt terdapat probiotik, sejenis bakteri baik yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan menyehatkan saluran pencernaan. Untuk anak-anak, bisa memilih plain yoghurt, karena kadungan proteinnya jauh lebih banyak dan rendah gula.

  1. Oatmeal

Semangkuk oatmeal sebagai sarapan akan menambah daya konsentrasi anak seharian penuh. Nutrisi dalam oatmeal mampu memberikan energi baik bagi tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa anak yang mengonsumsi oatmeal di pagi hari akan memiliki konsentrasi yang lebih baik di sekolah.

  1. Madu

Madu sangat cocok dikonsumsi anak-anak. Bisa sajikan madu dengan air atau teha hangat di pagi hari, dipercaya berguna untuk mengobati batuk. Madu juga dapat dijadikan sebagai pemanis alami yang disajikan dengan sereal, oatmeal, atau roti panggang.

  1. Alpukat

Alpukat penuh dengan lemak tak jenuh tunggal yang terbukti baik untuk jantung anak. Buah ini menjadi salah satu pilihan terbaik dalam hal superfood untuk anak. Alpukat baik untuk perkembangan otak dan kesehatan mata.

                Nah, itulah 11 asupan superfood untuk sang buah hati.

Share this Post

Share

Ketahui Konversi Ukuran

                Catat ini...