7 Perbedaan Bumbu Instan dan Bumbu Alami

                Siapa yang sering menggunakan bumbu instan? – Di zaman yang serba modern dan serba instan seperti sekarang ini, pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu instan. Terutama bagi para pekerja yang super sibuk, bumbu instan menjadi salah satu pilihan terbaik. Diantara bumbu instan dan bumbu alami, manakah yang lebih baik?

  1. Durasi waktu pembuatan

Proses pembuatan bumbu alami tentu memakan waktu. Berbeda dengan jika kamu menggunakan bumbu instan.

  1. Skala porsi

Mengolah bumbu dapur tentu akan menyita waktu, terutama jika kamu memasak dalam skala porsi besar. Maka dari itu, tak heran apabila banyak orang yang memilih bumbu instan. Dikarenakan bumbu instan mudah ditemukan dan bisa digunakan dalam jumlah besar dan tidak menyita waktu.

  1. Bahan pengawet

Semua bahan makanan yang instan pasti tak bisa lepas dari pengawet. Bahan pengawet berfungsi agar makanan tetap segar dan bagus. Jika tidak mau menggunakan bahan pengawet, lebih baik menggunakan bumbu alami.

  1. Kualitas

Kualitas bumbu alami dipengaruhi oleh pemilihan bahan-bahan yang digunakan pada saat pembuatan. Sedangkan, bumbu instan memiliki standar yang telah disesuaikan oleh perusahaan.

  1. Rasa

Segi rasa tentu bumbu alami memiliki cita rasa yang maksimal. Tetapi, bukan berarti hidangan yang menggunakan bumbu instan tidak memiliki citarasa yang lezat. Perbedaan ini sangat mudah dikenali.

  1. Selalu tersedia

Beberapa jenis bumbu dapur dan rempah tidak selalu tersedia di pasar atau supermarket. Akibatnya, ada beberapa bahan yang harganya fluktuatif, karena tergantung dengan stok. Berbeda dengan bumbu instan yang selalu ada dengan harga stabil.

  1. Hasil masakan jadi konsisten

Dibuat dalam produksi yang masif, bumbu instan memiliki komposisi tetap di setiap packagingnya. Takaran yang dibuat juga selalu presisi dan tidak berubah. Jadi, tidak usah khawatir mengenai makanan yang kadang enak dan kadang tidak.

Itulah perbedaan antara menggunakan bumbu alami dan bumbu instan. Bagaimana? Memilih membuat bumbu halus terlebih dahulu, lalu disimpan di dalam wadah tertutup rapat atau membeli bumbu instan?

 

Referensi:

IDNTimes, Republika

Share this Post

Share