Yuk Kenali Tahu Tek

                Apa makanan khas Surabaya favoritmu? – Surabaya terkenal sebagai salah satu kota besar di Indonesia yang kaya akan kuliner. Ada tahu tek, rujak, rawon, dll. Tahu tek merupakan makanan khas Surabaya, Jawa Timur. Konon, kata “tek” berasal dari gunting yang digunakan pedagang untuk menggunting bahan-bahan makanan (tahu dan telur) dan mengeluarkan bunyi “tek tek tek”. Suara inilah yang menjadi awal terciptanya sebutan tahu tek.

                Tahu tek sendiri terdiri dari tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil. Telur, sedikit taofe, dan irisan ketimun yang dipotong kecil-panjang (seperti acar). Kemudian, di atasnya disiram dengan saus kacang dengan campuran petis dan ditambahkan kerupuk udang.

                Bumbu terbuat dari petis, air matang secukupnya, kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Bumbu tersebut diulek hingga menyatu dan menjadi saus kacang yang pekat. Petis yang digunakan dianjurkan petis dari Sidoarjo, karena terasa lebih enak dan asli.

                Ada variasi lain tahu tek yaitu menggunakan tahu yang dicelup ke dalam kocokan telur sebelum digoreng. Makanan ini disebut tahu telur.

                Kalau kamu mengunjungi Kota Pahlawan, jangan lupa mencicipi hidangan ini ya! Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

                Salam kuliner.

Referensi foto:

instagram

Share this Post

Share