Camilan yang Aman Dikonsumsi di Malam Hari

            Apakah Anda termasuk orang yang skip makan malam? – Sebagian orang beranggapan bahwa makan di malam hari, terutama lebih dari jam 8 malam merupakan suatu hal yang dilarang, bahkan sering disebut ‘dosa’. Tetapi, tidak semua makanan dilarang kok! Beberapa camilan tersebut aman dikonsumsi di malam hari:

  1. Cokelat hitam

Cokelat murni atau cokelat hitam itu cocok dikonsumsi di malam hari. Cokelat hitam (dark chocolate) kaya antioksidan dan serat, mampu membuat cukup kenyang tanpa takut kadar gula naik. Seperti yang kita tahu, cokelat hitam mampu membuat rileks sehingga bisa membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Puding cokelat

Puding cokelat tidak berbahaya ketika dikonsumsi di malam hari. Seporsi puding cokelat mengandung 90-100 kalori saja. Tidak akan membuatmu gemuk dalam sekejap. Tetapi, perlu diingat harus dengan porsi yang wajar ya!

  1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak berkualitas tinggi yang dapat memengaruhi kadar kolesterol dan sistem vaskular. Cara pengolahannya perlu diperhatikan, sebaiknya penggunaan gula diganti dengan madu.

  1. Keju rendah lemak

Kandungan protein kasein yang tinggi akan asam amino dalam keju dipercaya mampu membantu kualitas tidur lebih baik. Salah satu jenis keju yang kaya kandungan protein kasein yaitu keju cottage. Kandungan kalsiumnya mampu menguatkan tulang. Keju tidak akan membuat gemuk selama dikonsumsi dalam batas wajar.

  1. Oatmeal atau olahan gandum lain

Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi oatmeal atau roti gandum. Hal ini baik terutama bagi orang yang sedang menjalankan diet, karena mampu meningkatkan kadar triptophan. Triptophan yaitu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang juga mendorong produksi serotonin. Serotonin ini mampu membantu untuk tidur lelap dan menekan keinginan ngemil.

  1. Sayuran

Sayuran mengandung kadar air tinggi yang mampu membuat kenyang dan mencegah dari dehidrasi. Sayuran-sayuran mengandung vitamin, mineral, dan protein yang menyehatkan. Perbanyak konsumsi sayuran ya!

  1. Buah-buahan

Buah-buah yang berair memiliki serat yang tinggi dibutuhkan untuk mengeluarkan racun dan membantu detoks serta menurunkan berat badan. Diantaranya yaitu, semangka, apel, melon, blewah, dan pepaya.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang rendah kalori, kaya akan kandungan serat dan nutrisi. Selain dapat mengenyangkan perut, konsumsi kacang-kacangan juga dapat meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Kacang-kacangan mampu membantu tidur lebih nyenyak. Salah satunya, kacang almond. Kandungan kalorinya rendah, meminimalkan risiko penyakit jantung dan menstabilkan kadar kolesterol. Kacang almond juga mampu menjaga kesehatan jantung dan kulit karena kaya akan vitamin E.

  1. Popcorn tanpa campuran

Pilihlah popcorn mentah dengan label rendah lemak dan tanpa rasa. Masak popcorn dalam panci atau microwave dengan sedikit minyak. Agar ada sedikit rasa, kamu bisa menambahkan margarin tanpa lemak atau gula tinggi serat.

Baca juga:

Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Saat Hujan

15 Makanan Anti Aging ini Bikin Kulit Cerah

  1. Susu

Segelas susu cokelat hangat mampu membuat tidurmu lebih nyenyak. Dalam susu terdapat kandungan kalori dan lemak dan triptophan. Cokelat berguna untuk menurunkan tekanan darah, anti depresan, dan mengurangi risiko serangan jantung. Dalam satu gelas susu rendah lemak mengandung 146 kalori, 7,93 gr lemak, 11,03 gr karbohidrat, dan 7,86 gr protein. Kandungan vitamin D dan kalsium juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Itulah 10 camilan yang aman dikonsumsi di malam hari. Bagaimana? Masih tahan kelaparan di malam hari?

Referensi:

Liputan6 , Hipwee , Fimela , Hellosehat , Brilio , IDNTimes

Share this Post

Share

Rakernas 2020

Salam sahabat kuliner nusantara. Rakernas ICA 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 7 Februari 202...