Berbumbu Dasar Sama, tapi Berbeda Nama

                Bisa tidak membedakan kelima hidangan khas Indonesia ini? – Coba sebutkan hidangan khas Indonesia yang berbumbu dasar kacang! Nah, diantaranya ada gado-gado, karedok, lotek, ketoprak, dan pecel. Hidangan tersebut memiliki bumbu dasar sama yaitu kacang dan bahan-bahan yang sama yaitu sayur-sayuran. Jadi, cocok untuk para pencinta sayur dan vegetarian. Meskipun, mirip tetapi memiliki perbedaan. Apa saja ya?

  1. Gado-gado

Gado-gado adalah hidangan yang mudah dijumpai di berbagai daerah. Beberapa orang menyebut bahwa gado-gado merupakan hidangan khas Betawi atau DKI Jakarta. Gado-gado berisi beberapa sayuran yang telah  direbus dan dicampur menjadi satu dengan bumbu kacang. Ada selada, kubis, kacang panjang, tauge, kentang, dll dan semuanya direbus. Berisi sayuran mentah seperti mentimun.

Faktanya, gado-gado di Jakarta dan di daerah lain berbeda-beda. Gado-gado di Jakarta  menggunakan jagung pipil, sayuran rebus, lontong, tahu, kentang, telur, dan tempe. Di daerah lain, kondimennya ada kacang panjang, wortel, mentimun, kentang, selada. Hidangan ini mirip dengan karedok. Rasa bumbu gado-gado cenderung lebih manis dibanding karedok.

Semua sayur tersebut dicampur dan diberi bumbu kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan dengan dicampur bawang putih, cabai, merica, air perasan jeruk nipis, garam, dan gula merah. Biasa dihidangkan dengan emping.

  1. Karedok

Hidangan khas Indonesia, tepatnya dari Jawa Barat. Karedok terdiri dari sayuran mentah seperti mentimun, kol, tauge, daun kemangi, kacang panjang, dan terong yang telah dipotong-potong. Bumbu kacang yang disiram untuk karedok terbuat dari kacang tanah yang digoreng dan dihaluskan, bawang putih, cabai merah, kencur, air asam, garam, gula merah, dan terasi yang ditumbuk halus, lalu diberi air. Biasanya dihidangkan dengan kerupuk atau emping melinjo.

  1. Lotek

Lotek berasal dari Jawa Barat. Sekilas mirip dengan gado-gado, yaitu rebusan sayuran yang disiram bumbu kacang. Dalam bumbu kacangnya ditambahkan terasi, cabai merah, kencur, air asam jawa, gula merah, dan bawang putih. Rasanya cenderung lebih manis dibanding pecel atau gado-gado. Biasa disajikan dengan lontong atau nasi hangat, bawang goreng, dan kerupuk.

  1. Ketoprak

Hidangan ini merupakan khas dari Betawi. Bahan utamanya yaitu ketupat, mentimun,  bihun, tahu, dan taoge. Kadang ada tambahan telur. Semua bahan disatukan dan disiram dengan bumbu kacang, kecap manis, bawang goreng, dan kerupuk. Bumbu kacangnya sudah diulek dengan bawang putih dan bumbu lainnya. Bahan untuk membuat bumbu kacang yaitu kacang tanah yang telah digoreng dan digiling, bawang putih, dan cabai lalu diencerkan menggunakan air. Biasa disajkan dengan kerupuk dan emping melinjo.

  1. Pecel

Pecel berasal dari Madiun, Jawa Timur. Ada pendapat lain, pecel berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Pecel juga dapat ditemukan di Malaysia, Filipina, Suriname, dan Thailand dengan citarasa berbeda. Pecel bisa diartikan dengan “tumbuk” atau dihancurkan dengan cara ditumbuk. Hidangan ini menggunakan sayuran seperti kacang panjang, kangkung, kol, dan taoge. Hampir mirip dengan gado-gado dan lotek, bedanya di bumbu kacangnya. Bumbunya dihaluskan bersama daun jeruk, sehingga aroma daun jeruknya lebih terasa.

Itulah, perbedaan lima hidangan dengan bumbu kacang. Bahannya sama menggunakan kacang tanah dan kondimen sayur-sayuran. Sudah tahu perbedaannya bukan? Semoga bermanfaat.

Referensi:

Bobo, GNFI , Grid , Unilever , Unilever

Share this Post

Share