Soto Ayam Masuk dalam Daftar Sup Terbaik di Dunia

                Apa sup favoritmu masuk dalam daftar sup terbaik di dunia? – Di musim hujan seperti sekarang ini, mengonsumsi sup hangat menjadi salah satu pilihan terbaik. Seorang penulis buku Soup: A Global History, Janet Clarkson mengatakan bahwa di setiap budaya memiliki jenis sup yang berbeda.

                Sup termasuk tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu, saat manusis telah membuat sajian atau ramuan obat yang direbus untuk bertahan hidup. “Sup memiliki akar yang sangat kuno. Orang-orang dahulu terbiasa merebus segala sesuatu, mulai dari cangkang kura-kurang hingga bambu dalam sup,” ungkap Clarkson.

                Dilansir dari CNN, berikut nominasi 20 sup terbaik dari berbagai negara.

  1. Banga – Nigeria

Buah-buahan dari pohon kelapa sawit memberikan lemak dan rasa pada sup dari Delta Niger. Sup ini menyajikan ikan lele segar, daging sapi, dan makanan laut kering. Campuran pada santapan ini diantaranya yaitu pala Afrika, biji jarak, orima, jansa dan daun beletete. Saus merah yang kaya rempah-rempah jadi daya tarik utama sup. Rendam dengan eba atau bola pati, dua bahan pokok Nigeria yang keduanya terbuat dari singkong yang disiapkan dengan metode berbeda.

  1. Sup daging sapi – Vietnam

Pho terbuat dari kaldu yang direbus selama berjam-jam dengan star anise dan ragam rempah hangat lainnya. Pemilihan bahan tersebut tidak lain untuk menciptakan dasar aromatik yang luar biasa untuk sup mi beras ini.

  1. Borscht – Ukraina

Dimasak dengan potongan buah bit lembut dalam kaldu merah. Kerap kali ditambahkan krim asam, borscht bukan sup bit dasar. Rasa tajam sup ini berasal dari kvass, jus bit yang difermentasi lakto.

  1. Bouillabaisse – Prancis

Hidangan ini dimasak dengan saffron, minyak zaitun, fennel, bawang putih, dan tomat dipadu dengan ikan segar dari laut. . Menurut penandatangan Piagam Bouillabaisse 1980, upaya kolektif oleh koki lokal untuk memastikan kualitas sup Prancis, resep paling otentik harus mencakup setidaknya empat jenis makanan laut yang dipilih dari daftar yang mencakup monkfish dan kepiting.

  1. Caldo verde – Portugal

Irisan tipis sayuran berpadu dengan kentang dan bawang dalam sup rumahan dari wilayah Minho. Dalam banyak versi, sosis chouriço Portugis yang lembut menambahkan sedikit rasa asin dan berasap yang membuat sup kian lezat.

  1. Chorba frik - Aljazair, Libya, dan Tunisia

Gandum durum dipanen selagi hijau disebut freekeh, menambah bobot dan makanan pada sup Afrika Utara. Biji-bijian yang empuk menyerap kaldu tomat dan rempah-rempah aromatik, rasanya bercampur dengan buncis plus ayam rebus, daging sapi, kambing, atau domba. Sajikan dengan irisan lemon dan sepotong roti kesra.

  1. Chupe de camerones – Peru

Sup krim udang krim ini merupakan spesialisasi Arequipa. Udang yang lembut menyatu bersama potongan kentang dan jagung Andes. Penambahan ají amarillo, cabai menambah bumbu yang memuaskan untuk mengimbangi bahan yang kaya dan lembut.

  1. Gazpacho – Spanyol

Versi paling klasik sup sayuran dingin ini kini, termasuk tomat, mentimun, bawang putih, dan minyak zaitun, dengan sedikit tepung roti basi. Orang Arab membawa hidangan ini ke Semenanjung Iberia berabad-abad sebelum orang Spanyol mencicipi tomat, bahan dari Dunia Baru. Versi asli adalah campuran roti, bawang putih, dan minyak zaitun, ditumbuk dengan lesung dan dibumbui dengan cuka.

  1. Sup kacang tanah - Afrika Barat

Daging, ikan, atau ayam direbus menjadi sup kacang kental termasuk makanan penghibur murni di negara-negara di Afrika Barat. Versi berkisar dari domoda Gambia - hidangan nasional - hingga masakan Nigeria yang dimasak dengan pahit, sayuran berdaun hijau.

  1. Gumbo - Amerika Serikat

Daun sassafras digiling dan dikeringkan disebut filé dan sudah lama dipanen oleh orang Choctaw. Beberapa juru masak mengentalkan sup dengan pasta tepung yang dimasak yang disebut roux.

  1. Harira – Maroko

Kebanyakan orang Maroko berbuka puasa dengan semangkuk panas sup buncis ini selama bulan Ramadan. Sajian ini dimasak dari kayu manis, jahe, kunyit, dan lada memberikan bumbu hangat pada kaldu tomat yang gurih, yang meresap ke dalam buncis yang empuk. Meski resep vegetarian populer, versi paling klasik direbus dengan potongan daging domba yang empuk atau daging lainnya.

  1. Kharcho – Georgia

Kharcho termasuk salah satu hidangan paling disukai di Georgia terbuat dari plum mentah, yang rasa asamnya menyeimbangkan kekayaan lemak daging sapi dan kacang kenari yang dimasak ke dalam sup. Aromatiknya berasal dari campuran rempah-rempah khmeli suneli, campuran ketumbar, gurih, fenugreek, lada hitam, marigold dan lainnya.

  1. Sup daging sapi Lanzhou – Cina

Mi la mian dibuat dengan tangan untuk sup tradisional. Pengrajin menggunakan tepung tinggi gluten yang digiling halus dan bubuk alkali untuk mencampur adonan yang melar, lalu menarik dan melipat satu bagian adonan untuk membuat mi secukupnya untuk semangkuk sup. Masukkan ke dalam semangkuk kaldu sapi untuk mendapatkan sup kelas dunia yang mencakup daging sapi empuk, irisan pucat lobak, minyak cabai, dan rempah-rempah segar.

  1. Mohinga – Myanmar

Sup ini merupakan menu sarapan di sebagian besar Myanmar, pedagang kaki lima dan toko teh menjajakan mohinga kukus dari tong besar. Inti dari sup mi ini adalah kaldu aromatik yang direbus dengan bumbu dan dikentalkan dengan bubuk beras panggang. Ikan akan menambah kekayaan, sedangkan bihun yang encer sangat cocok untuk diseruput.

  1. Menudo – Meksiko

Menudo termasuk sajian khas Meksiko yang berisi babat yang direbus selama berjam-jam dalam kaldu bawang putih. Santapan ini menjadi favorit di pesta pernikahan dan acara-acara besar, yang disantap dengan kernel bubur jagung, hiasan bawang mentah, cabai dan ketumbar.

  1. Moqueca de camarao – Brasil

Sup ini dimasak dengan minyak kelapa sawit, tomat, kaldu kelapa dalam makanan khas dari wilayah Bahia di Brasil ini. Daya tarik asli sup ini adalah udang yang manis dan lembut di kaldu. Moqueca de camarão dimasak dalam panci buatan tangan yang terbuat dari tanah liat hitam dan getah pohon bakau, kemudian dibawa ke meja dengan wadah otentik yang sama.

  1. Soto ayam – Indonesia

Sup dengan campuran bihun dan ayam ini dilengkapi dengan beragam rempah, mulai dari kunyit segar, kayu manis, serai, hingga daun jeruk. Paduan tersebut menghasilkan aroma dan rasa yang khas ditambah dengan telur rebus. Soto ayam biasa diberi taburan bawang merah goreng, jeruk nipis segar, dan irisan cabai merah yang pedas.

  1. Tom yum goong – Thailand

Rasa manis, asam, pedas, dan asin, kaldu sup yang luar biasa ini adalah kertas timah yang ideal untuk udang yang manis dan empuk. Bahan aromatiknya meliputi lengkuas, serai, dan daun jeruk, dan irisan cabai rawit. Tom yum goong termasuk salah satu dari banyak jenis sup tom yum di Thailand. Versi ini diperkaya dengan udang gendut, dan menjadi favorit banyak pengunjung.

  1. Ramen Tonkotsu – Jepang

Tulang babi direbus lama, memberikan rasa kuat pada ramen klasik ini, kaldunya berwarna keruh dengan sumsum dan lemak. Hidangan ini merupakan ciri khas Prefektur Fukuoka di bagian selatan pulau Kyushu.

Meskipun kaldu merupakan bintang ramen tonkotsu, semangkuk sajian ini belum lengkap tanpa irisan perut babi dan jalinan mi yang keras di bagian tengah. Makan dengan menggunakan sumpit dan sendok dengan bagian bawah rata, dan jangan lupa menyeruput yang dipercaya dapat meningkatkan rasa.

  1. Yayla corbasi – Turki

Nasi rebus atau barley menambah rasa manis pada sup krim yogurt ini. Hidangan ini dipercaya mampu menangkal flu selama musim dingin; beberapa rumah sakit Turki menyajikan sup yogurt untuk pasien yang sedang dalam pemulihan. Sedikit mint kering membantu menyeimbangkan sedikit bau yogurt. Biasa disajikan dengan roti pita segar yang empuk.

 

               

Orang Indonesia patut bangga. Selain nasi goreng dan rendang yang menduduki makanan terlezat di dunia, sekarang ini ternyata soto ayam Indonesia masuk dalam satu daftar sup terbaik di dunia. Campuran rempah seperti kunyit, adas, kayu manis, serai, dan daun jeruk di dalamnya menciptakan aroma serta rasa yang berlapis dalam semangkuk kuah. Biasa disajikan dengan telur rebus, taburan bawang merah goreng, jeruk nipis, dan irisan cabai merah. Siapa yang tidak tergoda?

Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

 

Referensi:

CNNIndonesia, Liputan6, Tempo

Share this Post

Share