Cara Mengolah Jamur yang Tepat

                Cari tahu yuk cara mengolah jamur yang tepat – Sebagian orang tidak menyukai jamur dengan alasan rasanya. Padahal, bahan makanan ini mengandung gizi yang sangat penting. Jamur mengandung serat tinggi, protein, asam amino, vitamin (B1, B2, B12, C, D, E) dan mineral. Jamur juga rendah lemak dan kalori.

                Menurut Mushroom Technological Research Centre of La Rioja, Spanyol, kandungan antioksidan dan nutrisi pada jamur dapat hilang karena proses memasak. Pendapat tersebut diperkuat dengan adanya penelitian yang dimuat di International Journal of Food Science yang menyimpulkan bahwa cara paling sehat dalam mengolah jamur yaitu dengan memanggang atau memasak di microwave.

                Jika diolah dengan cara digoreng atau direbus, kemampuan antioksidan dalam jamur akan banyak berkurang, jamur juga akan kehilangan protein dan karbohidratnya, tetapi lemaknya bertambah.

                Dalam penelitian tersebut dilakukan pengujian membandingkan pengaruh berbagai cara masak pada empat jenis jamur, yaitu jamur kancing, jamur shitake, jamur tiram dan jamur tiram raja. Cara masak yang diteliti yaitu direbus, digoreng, panggang, serta microwave. Membandingkan kandungan nutrisi dalam jamur yang mentah dan sesudah dimasak dibandingkan. Kesimpulannya, cara mengolah jamur yang tepat yaitu dengan grill atau panggang dengan api dan memasak dalam oven microwave.

Baca juga: Segudang Manfaat Jamur Enoki

  1. Pilih jamur berkualitas

Agar memperoleh olahan jamur yang sehat dan tinggi nutrisi, tentu pemilihan jamur menjadi hal yang paling utama. Pilih jamur dengan kualitas baik. Kualitas inilah yang menentukan hasil dari masakan. Pilih jamur dengan bentuk utuh. Pastikan jamur tidak basah, berlendir, atau lembap.

  1. Memanggang jamur

Konon, salah satu cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi dan kualitas kandungan dalam jamur yaitu dengan memanggangnya. Proses ini dilakukan dengan menggunakan api. Tetapi, pastikan tidak terlalu lama memanggangnya.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Jamur Truffle

  1. Memasak dengan oven

Selain memanggang jamur, cara terbaik lainnya yaitu memasak dengan menggunakan oven. Namun, jangan terlalu lama hingga overcooked, agar mempertahankan kandungan dan nutrisi dalam jamur.

  1. Tidak disarankan menggoreng atau menumis jamur

Cara memasak jamur yang tidak direkomendasikan yaitu menggoreng atau menumis. Kedua cara ini bisa mengurangi nutrisi dan kandungan gizi dalam jamur.

  1. Perhatikan durasi pengolahan

Untuk proses pengolahan lebih lanjut, perhatikan durasi yang digunakan. Durasi itu nantinya akan menjadi kunci untuk menjaga kualitas nutrisi dan kandungan dalam jamur.

Nah, itulah lima tips cara mengolah jamur agar kandungan di dalamnya tetap terjaga.

Referensi:

DetikFood, IDNTimes, Kompas

Share this Post

Share

Asal Usul Papeda

                Dari mana...